Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113954
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHIDAYAH, Hilda Hari-
dc.date.accessioned2023-03-29T06:37:52Z-
dc.date.available2023-03-29T06:37:52Z-
dc.date.issued2022-11-25-
dc.identifier.nim150210205103en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113954-
dc.description.abstractKeterampilan proses sains adalah keterampilan yang harus dikembangkan pada peserta didik. Penerapan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains secara nyata mampu meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik terutama dalam hal penguasaan keterampilan proses sains. TK Kartika IV-73 Jember telah menerapkan keterampilan proses sains bagi peserta didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah Implementasi Keterampilan Proses Dasar Sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023?” Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Keterampilan Proses Dasar sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu guru kelas dan anak kelompok B dan informan pendukung yaitu Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi Keterampilan Proses Dasar sains kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember tahun ajaran 2022/2023 telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sains yaitu mengamati, mengklarifikasi, memprediksi, merencanakan percobaan, mengkomunikasikan hasil percobaan. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode bercakap-cakap, tanya jawab, bercerita, bereksperimen dan bermain dengan evaluasi yang dilakukan guru adalah pengamatan langsung, mencatat hasil kerja anak, menyimpulkan hasil kerja anak, ucapan, pertanyaan anak, dan dokumentasi. Lingkungan belajar yang telah direncanakan oleh guru sesuai dengan kebutuhan anak, pengaturan ruangan kelas yang menarik, rapi, dan cukup luas serta penataan alat main yang bervariasi. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran keterampilan proses dasar sains di TK Kartika IV-73 Jember adalah sarana serta peralatan eksperimen yang beragam, kompetensi dan keterampilan guru, serta ruangan kelas yang cukup luas dan menarik. Namun demikian, terdapat hambatan-hambatan dalam implementasinya seperti rasio guru dan anak belum seimbang, persiapan guru, dan manajemen waktu guru saat proses eksperimen.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKETERAMPILANen_US
dc.subjectPROSES DASAR SAINSen_US
dc.subjectKELOMPOK B DI TK KARTIKA IV-73en_US
dc.titleImplementasi Keterampilan Proses Dasar Sains Kelompok B di TK Kartika IV-73 Jember Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.validatorKacung-30 November 2022en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-11-29
2.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools