Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113873
Title: Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember
Authors: KHOTIMAH, Husnul
Keywords: Kompetensi Guru
Profesional Guru
Kompetensi Profesional
Issue Date: 21-Nov-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan yang memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Hal ini berkaitan dengan pengembangan kecerdasan spiritual, intelektual, potensi dan sosial. Salah satu lembaga yang melakukan strategi kepala sekolah yaitu TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember. Strategi kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah. Kompetensi profesional adalah kemampuan seorang guru dalam menguasai bahan ajar yang luas dan mendalam, yang memungkinkan untuk membimbing peserta didik sehingga dapat memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional pendidikan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember dapat ditemukan tiga strategi kepala sekolah yang dilakukan untuk pengembangan kompetensi profesional guru. Ketiga strategi yang digunakan kepala sekolah diantaranya adalah strategi formal, strategi nonformal dan strategi kolaboratif. Dengan adanya ketiga strategi ini kompetensi profesional guru di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember bisa dikatakan baik. Kepala sekolah dan guru juga melakukan kegiatan sharing bersama pada saat kegiatan pembelajaran telah selesai, sehingga dapat menjadikan guru saling terbuka satu sama lain. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana strategi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesioanl guru di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember?” tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu kepala sekolah dan informan pendukung yaitu guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas penelitian yang digunakan adalah tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember dapat ditemukan strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu strategi formal, dalam strategi ini kepala sekolah mengintruksikan guru TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember untuk aktif dalam mengikuti pelatihan,seminar, diklat, dll. Strategi nonformal, dalam strategi ini kepala sekolah sering mengajak guru untuk sharing, memberikan wawasan mengenai loyalitas lembaga, pemberian motivasi, persolidan tim, nasihat, dan pemberian teladan. Sedangkan strategi kolaboratif biasanya kepala sekolah melibatkan orang lain dalam menentukan tujuan bersama berbagi tanggung jawab dan bekerjasama untuk mencapai lebih dari yang bisa dicapai secara mandiri. Melalui 3 strategi ini diharapkan dapat membantu guru dalam pengembangan kompetensi profesional guru. Dalam melakukan strategi kepala sekolah memiliki kelemahan yaitu masih belum membuat laporan strategi secara khusus dan belum membuat catatan hasil umpan balik dan tindak lanjut secara tertulis setelah kegiatan strategi sehingga nantinya dikumpulkan dalam laporan hasil strategi. Umpan balik, dan tindak lanjut alangkah baiknya dibuat catatan khusus dan secara tetulis serta diserahkan kepada guru sebagai pegangan, hal ini memudahkan guru dalam menganalisis hasil dari strategi. Laporan hasil strategi alangkah baiknya dibuat secara khusus dan secara rutin setelah pelaksanaan sehingga memudahkan guru dan kepala sekolah untuk mengetahui kompetensi profesional yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113873
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
finaly.pdf
  Until 2027-11-21
3.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools