Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113858
Title: Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Calistung pada Anak Kelompk B di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021/2022
Authors: JUWITA, Endah
Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini
Pembelajaran Calistung
Persepsi Guru
Issue Date: 18-Nov-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran Calistung (membaca, menulis dan berhitung) merupakan program pembelajaran yang saat ini sudah diberikan pada anak usia Taman Kanak-kanak (TK). Tujuan pemberian calistung kepada anak yaitu untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang sekolah berikutnya yakni sekolah dasar (SD). Padahal pada usia TK tersebut belum seharusnya anak mendapatkan pembelajaran calistung karena anak belum dapat berpikir terstruktur. Fenomena yang terjadi saat ini orang tua dibuat khawatir akan adanya tes calistung sebagai syarat masuk SD dan menuntut anak setelah lulus dari TK dapat menguasai calistung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, “Bagaimanakah Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Calistung pada Anak Kelompok B di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021/2022?” Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap pembelajaran Calistung pada anak di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara dengan guru TK Arni. Sumber data pada penelitian ini adalah guru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran calistung di TK Arni Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dilaksanakan dengan menerapkan pengelompokkan siswa, siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan calistung anak. Pembelajaran calistung dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu sepulang sekolah, yaitu jam 10.00-10.30 WIB sebagai pembelajaran tambahan atau les untuk anak kelompok B yang mau mengikutinya. Guru menilai bahwa calistung harus diajarkan di PAUD dan les calistung dilakukan agar anak bisa membaca dan berhitung sesuai usianya. Namun demikian, guru tidak memaksakan anak untuk mengikuti les calistung di sekolah. Guru juga menilai bahwa pembelajaran calistung perlu disesuaikan dengan usia anak. Pada praktiknya, guru menggunakan pembelajaran berbasis Lembar Kerja Anak (LKA), misalnya anak diminta menghitung jumlah gambar sapi di LKA. Hal ini sesuai untuk mengajarkan konsep bilangan pada anak usia dini. Akan tetapi, kadang guru juga mengajarkan penjumlahan yang sebenarnya belum diperuntukkan anak usia dini. Pembelajaran calistung di TK Arni tampaknya dapat membantu anak mampu membedakan antar huruf beserta bunyi yang dimiliki, menulis nama sendiri, dan memahami konsep bilangan 1-10 serta mengenal setiap lambang 1- 10. Disarankan agar target dan metode pembelajaran tetap mengacu pada kebutuhan belajar calistung untuk anak usia dini.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113858
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Endah Watermark.pdf
  Until 2027-11-18
1.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools