Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113742
Title: Pengaruh Pemberian Posisi Semi Fowler terhadap Peningkatan Saturasi Oksigen pada Klien Asma Bronkial
Authors: NURALAM, Afriel Rizky
Keywords: Asma Bronkial
Semi Fowler
Issue Date: 1-Jul-2022
Publisher: Fakultas Keperawatan Universitas Jember
Abstract: PENDAHULUAN: Asma adalah suatu penyakit peradangan kronis pada saluran pernapasan dengan karakteristik diantaranya hipersensitivitas, edema mukosa dan produksi mukus. metode sederhana yang digunakan untuk mengurangi risiko pengembangan dinding dada yaitu pengaturan posisi. Posisi semi fowler adalah posisi tempat tidur di bagian kepala dan tubuh dinaikkan dari 15° hingga 45°. Tujuan dari pemberian posisi semi fowler adalah untuk membantu mengatasi masalah kesulitan pernapasan (Suparmi,dkk. 2008). Tujuan dari literatur review ini adalah untuk memperoleh gambaran dari berbagai sudut pandang dan dari berbagai penelitian yang sama tentang seberapa efektif pemberian posisi semi fowler terhadap peningkatan saturasi oksigen bagi penderita asma bronkial. METODE: Studi ini menggunakan metode literatur review dengan pencarian artikel pada database elektronik Garuda dan Google Scholar. Didapatkan 582 artikel pada database Google Scholar namun hanya 7 artikel yang memenuhi seluruh kriteria inklusi dan dilakukan review. HASIL: Penelitian pada 7 artikel semua menyatakan bahwa ada pengaruh pemberian posisi semi fowler terhadap peningkatan saturasi oksigen pasien asma. KESIMPULAN: Hasil dari kajian 7 artikel membuktikan bahwa terdapat peningkatan saturasi oksigen pasien asma setelah diberikan posisi semi fowler
Description: -
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113742
Appears in Collections:Diploma Programme - Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LTA AFRIEL RIZKY NURALAM 192303102025.pdf
  Until 2031-07-01
1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
LTA AFRIEL RIZKY NURALAM 192303102025.pdf
  Until 2026-07-01
1.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.