Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113660
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantu Media Pembelajaran Audio-Visual Tema 8 Materi Siklus Air terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Kepatihan 05 Jember |
Authors: | IRSADIYAH, Alimatus Sabila |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN SAVI MEDIA AUDIO-VISUAL HASIL BELAJAR |
Issue Date: | 7-Oct-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Kepatihan 05 Jember semester genap tahun pelajaran 2020/2021 antara kelompok peserta didik yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantu media audio-visual dan kelompok peserta didik yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantu media gambar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VB dan VC sebayak 61 peserta didik, yang terdiri dari 31 kelas B dan 30 kelas C dengan penentuan kelas kontrol dan eksperimen dengan teknik random sampling. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung= 12,9> t-tabel 0,67, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantu media audio-visual terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 materi siklus air kelas V. Berdasarkan Hasil penelitian disarankan kepada guru bijak dalam menerapkan model pembelajaran dan media yang tepat salah satunya model pembelajaran SAVI dengan bantuan media audio-visual sehingga membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113660 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Alimatus Sabila Irsadiah SKRIPSI.pdf | 5.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools