Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113427
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYUSNADA, An Nazili El-
dc.date.accessioned2023-03-24T07:13:13Z-
dc.date.available2023-03-24T07:13:13Z-
dc.date.issued2022-08-02-
dc.identifier.nim180910201040en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113427-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut inovasi pelayanan Wayan Adus Ketan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember, mengungkapkan dan menganalisis data-data mengenai keuntungan, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati dalam pelaksanaan inovasipelayanan Wayan Adus Ketan di Dispendukcapil Jember. Pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP, KK, dan Akte Kelahiran terpusat pada dispendukcapil Kabupaten Jember, masyarakat yang akan mengurus adminduk mengeluhkan lokasi rumah jauh seperi kecamatan Silo, kecamatan Kencong, dan masih banyak lagi. Mereka harus datang jauh ke kantor dispendukcapil kota Jember untuk mengurus adminduk. Pelayanan yang diberikan oleh kantor dispendukcapil Kabupaten Jember berbelit-belit sehingga menimbulkan antrian yang sangat panjang dan berdesak-desakan. Masyarakat juga melaporkan dalam pelaksanaan adminduk di kantor dispendukcapil kota Jember terdapat pungli yang ikut dalam pelayanan adminduk masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian yakni informan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Program ini dapat membantu kebutuhan masyarakat, masyarakat tidak perlu lagi datang jauh ke kantor dispendukcapil, cukup datang ke kantor kecamatan masing-masing mereka dapat mengurus adminduknya, pengurusan adminduk tidak berbelit-belit seperti sebelumnya, pelayanan tidak menimbulkan antrian yang panjang dan berdesak-desakan lagi. Masyarakat juga mengatakan dengan adanya program tersebut pungli sudah tidak ada lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectDinas Kependudukanen_US
dc.subjectPencatatan Sipilen_US
dc.titleAtribut Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program “Wayan Adus Ketan” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember: Studi Kasus Di Kecamatan Kaliwatesen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs.Agus Suharsono M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Dr.Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 24 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AN NAILI EL YUSNADA.pdf
  Until 2027-10-05
1.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools