Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113241
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFEBRIYANTI, Ardina Dwi-
dc.date.accessioned2023-03-20T08:33:21Z-
dc.date.available2023-03-20T08:33:21Z-
dc.date.issued2022-07-18-
dc.identifier.nim180210204043en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113241-
dc.description.abstractPermasalahan pembelajaran yang ada di SD Negeri 3 Rogojampi berdasarkan hasil observasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model PBL dengan media video yaitu adanya permasalahan seperti proses pembelajaran masih berfokus pada guru, model pembelajaran yang bersifat monoton, tingkat berpikir kritis siswa masih rendah dengan hasil yang sangat rendah. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif solusi berupa pembelajaran berbasis masalah (PBL). Dengan pembelajaran berbasi masalah maka mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Rogojampi. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data kuantitatif dari keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model PBL dengan media video maka adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh data pada siklus I 73% kategori cukup kritis meningkat menjadi 82 kategori kritis pada siklus II. Pada hasil belajar pra siklus diperoleh hasil 64% kategori cukup menjadi 69% dengan kategori yang sama pada siklus I meningkat menjadi 77% kategori baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan PBL dengan media video dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Rogojampi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajaren_US
dc.subjectProblem Based Learning PBLen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Problem Based Learning Pbl Dengan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Di Kelas 4 SD Negeri 3 Rogojampien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFisen_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARDINA DWI FEBRIYANTI_180210204043_SKRIPSI FINAL.pdf
  Until 2027-07-18
3.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools