Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113123
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFUDLA, Rizky Annisa' ul-
dc.date.accessioned2023-03-20T03:20:13Z-
dc.date.available2023-03-20T03:20:13Z-
dc.date.issued2022-07-26-
dc.identifier.nim191903103001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113123-
dc.description.abstractJembatan Ciujung yang terletak pada KM 56+912 pada Jalan Tol Tangerang-Merak merupakan jembatan yang difungsikan semenjak tahun 1980. Jembatan yang sudah memasuki usia 40 ini sering dilalui kendaraan berat dan sudah mengalami berbagai kerusakan. Kondisi tersebut seperti struktur tulangan yang semakin melemah, muncul keretakan pada lantai jembatan, hingga jalanan yang berlubang sangat parah rentan terjadi pada jembatan ini. Selain itu, jembatan ini terletak pada Provinsi Banten yang merupakan wilayah rentan terjadinya gempa. Adanya penggantian bantalan karet pada jembatan menggunakan LRB ini bertujuan untuk meningkatkan spesifikasi umum sesuai aturan pada tahun 2016 yang mengharuskan konstruksi jembatan menggunakan LRB. LRB juga dinilai dapat meminimalisir dampak guncangan dari gempa sehingga guncangan pada struktur bawah dapat diminimalisir. Penggunaan LRB juga dinilai lebih ekonomis secara komperhensif. Tidak hanya itu, penggantian LRB ini juga memiliki tujuan untuk menseragamkan gerak jembatan lama dan jembatan bari dari Jembatan Ciujung ini. Penggantian pot bearing lama dengan LRB baru pada Jembatan Ciujung Tol Tangerang-Merak dilakukan dengan tahapan berurutan setelah pengujian LRB dilaksanakan. Pelepasan pot bearing dilakukan dengan bantuan Span Jack dan Temporary Support sebagai andas sementara untuk menopang beban selama penggantian bearing. Pemasangan LRB dapat dilaksanakan setelah bearing lama dilepaskan dan dilanjutkan dengan pembuatan pedestal baru sesuai dengan dimensi LRB. Pemasangan LRB dieratkan pada pedestal menggunakan baut dengan sambungan block out dan lower dowel. Span jack dapat diturunkan hingga seluruh beban bertumpu pada LRB yang telah dipasangkan. Pengecekan pekerjaan perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dan selanjutnya span jack dapat dilepaskan secara perlahanen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Luthfi Amri Wicaksono, S.T., M.T. Dosen Pembimbing Anggota : Nanin Meyfa Utami, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectLEAD RUBBER BEARINGen_US
dc.subjectPENGGANTI POT BEARINGen_US
dc.subjectREKONSTRUKSI JEMBATANen_US
dc.titleMetode Pemasangan Lead Rubber Bearing Jembatan sebagai Pengganti Pot Bearing pada Proyek Rekonstruksi Jembatan Ciujung Tangerang Meraken_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiD3 Teknik Sipilen_US
dc.identifier.pembimbing1Luthfi Amri Wicaksono, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nanin Meyfa Utami, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorKacung-2 Januari 2023en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR RIZKY_ANNISA'UL FUDLA (191903103001).pdf
  Until 2028-01-02
2.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.