Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113063
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PRESILIA, Della | - |
dc.date.accessioned | 2023-03-20T02:14:03Z | - |
dc.date.available | 2023-03-20T02:14:03Z | - |
dc.date.issued | 2022-08-04 | - |
dc.identifier.nim | 180210104013 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113063 | - |
dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan peristiwa yang ada didalamnya. Proses pembelajaran IPA dapat mengembangkan tiga aspek penting siswa, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan maka pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) menggunakan internet. Salah satu pembelajaran yang memanfaatkan internet adalah pembelajaran e-learning. Pembelajaran dengan menggunakan e-learning memberikan kemudahan berupa pembelajaran yang fleksibel, lebih interaktif, dinamis dan komunikatif antara guru dan siswa. Pembelajaran e-learning anatar lain dapat dilaksanakan dengan menggunakan Cloud Classroom (CCR). Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energi dalam sistem kehidupan terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMP, dan (2) mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi energy dalam sistem kehidupan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Balen pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 secara daring menggunakan Cloud Classroom (CCR) pada kelas eksperimen dan google Classroom pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan komunikasi adalah menggunakan angket dan observasi, dan untuk hasil belajar menggunakan tes. Instrument utama penelitian ini yaitu lembar angket, lembr observasi, dan tes. Sedangkan. Instrument pendukung penelitian ini adalah lembar observai keterlaksanaan pembelajaran dan wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan uji independent sample t-test untuk angket dan uji Mann-Whitney U untuk observasi. Rumusan masalah kedua dengan menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 22. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Cloud Classroom | en_US |
dc.subject | Materi Energi | en_US |
dc.subject | Sistem Kehidupan | en_US |
dc.title | Pengaruh Cloud classroom CCR pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan MIPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Indrawati, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd.,M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Arin | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Della Presilia_Skripsi.pdf Until 2028-01-26 | 3.77 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools