Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112882
Title: | Evaluasi Metode Pemasangan Pondasi Spun Pile pada Proyek Gedung |
Authors: | NURYANAH, Masfufah |
Keywords: | Evaluasi Metode |
Issue Date: | 4-Aug-2022 |
Publisher: | Fakultas Teknik |
Abstract: | Pada proyek pembangunan apartemen, struktur bawah yang paling penting adalah struktur pondasi. Pada salah satu proyek apartemen di Surabaya dan yang menjadi lokasi penelitian, jenis pondasi yang digunakan adalah tiang pancang yaitu spun pile. Penerapan pondasi spun pile yang digunakan pada lokasi penelitian merupakan jenis pondasi overpass atau pondasi yang berhubungan langsung dengan tanah. Tahapan-tahapan pekerjan pondasi spun pile juga harus dierhatikan agar pelaksanaan pekerjaan tersebut sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini berhubungan dengan lamanya waktu untuk pekerjaan pondasi. Pada beberapa kasus pembangunan, pemancangan menggunakan spun pile dapat terjadi kegagalan tiang mulai dari miring hingga patah. Pada lokasi penelitian, pemancangan telah selesai dikerjakan pada tahun 2020, saat dilakukan penggalian setempat dan PIT untuk memastikan tiang bergeser, ditemukan beberapa tiang mengalami kemiringan hingga patah. Indikasi tiang pancang yang bermasalah tersebut terletak di area podium dan mengharuskan untuk dilakukan pemancangan ulang pada area tersebut. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, tahapan-tahapan pemancangan mulai dari persiapan hingga pada saat pemancangan, sesuai dengan SOP. namun terdapat spun pile yang bermasalah berdasarkan dari hasil uji yang dilakukan. Adanya spun pile yang terindikasi mengalami kerusakan, diberikan penanganan memancang spun pile dengan menambah spun pile di sisi spun pile yang patah. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112882 |
Appears in Collections: | DP-Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PA_MASFUFAH NURYANAH_191903103033.pdf Until 2027-11-21 | 2.87 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.