Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112629
Title: Model Indigenous Learning Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Kabupaten Jember
Authors: HILMI, Muhammad Irfan
ARIEFIANTO, Lutfi
PURNAMAWATI, Frimha
INDRIANTI, Deditiani Tri
FAJARWATI, Linda
Keywords: Model Indigenous Learning
Issue Date: 17-Dec-2021
Abstract: Prinsip program pemberdayaan masyarakat meliputi tiga hal yaitu dari, untuk dan oleh masyarakat. Masyarakat pesisir memiliki nilai-nilai luhur yang dipegang dan diwariskan dalam bentuk pembelajaran tradisional. Kegiatan pemberdayaan masyarakat memerlukan semacam desain ulang dengan pendekatan pembelajaran asli untuk lebih memastikan partisipasi masyarakat dengan kearifan lokal yang menyertainya. Kegiatan penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pola pembelajaran asli (indigenous learning) masyarakat yang tumbuh dari pengalaman masyarakat dalam adaptasi terhadap perubahan iklim di Wilayah Pesisir Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengkaji objekobjek yang menggambarkan bagaimana pembelajaran asli masyarakat pesisir dalam menghadapi perubahan iklim di kawasan Pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran asli (indigenous learning) masyarakat pesisir dilakukan melalui tahapan pembelajaran berdasarkan pengalaman masyarakat pesisir yang kemudian direfleksikan sehingga menjadi sebuah konsepsi kegiatan adaptasi perubahan iklim yang dilakukan secara partisipatif terhadap vegetasi dan pengelolaan sampah di Wilayah Pesisir Payangan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112629
Appears in Collections:LSP-The Research

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKIP_MODEL INDIGENOUS LEARNING DALAM PEMBERDAYAAN.pdf1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.