Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112371
Title: Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Daring (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso)
Authors: SARI, Serly Puspita
Keywords: PERSEPSI SISWA
PEMBELAJARAN DARING
Issue Date: 5-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: SMA Negeri 2 Bondowoso merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring pada tahun ajaran 2021/2022 semester ganjil. Pembelajaran daring dijadikan solusi dalam situasi pandemi, dimana siswa tetap bisa belajar meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Namun, faktanya dalam pelaksanaan pembelajaran daring terdapat kendala yang dirasakan oleh siswa. Adanya berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan persepsi yang berbeda dari setiap individu. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam menentukan lokasi penelitian, peneliti menggunakan metode purposive sampling area. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumen. Metode pengolahan data pada penelitian ini diantaranya editing, skoring, kemudian tabulasi data. Uji instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan penyajian data melalui tabel, grafik, diagram, perhitungan nilai maximum, nilai minimum, dan persentase. Hasil penelitian secara keseluruhan persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso masuk dalam kategori sedang dengan persentase 66% atau 121 siswa. Hasil tersebut diperoleh dari dua indikator yakni proses pembelajaran dan dukungan. Indikator proses pembelajaran daring masuk kategori sedang dengan persentase 62% atau 114 siswa. Siswa kurang tertarik belajar daring karena tidak dapat berinteraksi secara lancar dengan guru. Selain itu, siswa sulit untuk memahami materi dan mengerjakan tugas karena tugas yang diberikan tidak proporsional. Namun, siswa dapat mengerjakan tugas secara mandiri. Sedangkan dari segi bahan ajar, siswa sudah membaca dan memahami bahan ajar. Namun, siswa lebih memahami bahan ajar yang diambil dari sumber lainnya. Pada indikator dukungan pembelajaran daring, masuk kategori sedang dengan persentase 58% atau 106 siswa. Siswa mengetahui peran pemerintah dalam pembelajaran daring. Namun, siswa belum mengetahui dan belum bisa mengoperasikan aplikasi pembelajaran online (rumah belajar). Selanjutnya dilihat dari dukungan sekolah, sekolah telah memberikan dukungan kepada siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring yakni sekolah telah memiliki sistem pembelajaran berbasis daring. Siswa juga mendapatkan dukungan berupa fasilitas dari wali murid. Namun, wali murid belum memberikan laporan kepada pengajar tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran daring. Siswa yang tidak bisa interaksi secara lancar dengan guru saat proses pembelajaran daring, hendaknya bertanya ke temannya terkait materi yang telah dibahas kemudian menambah pengetahuan dengan membaca sumber buku, bahan ajar yang disediakan, serta sumber lainnya sehingga proses pembelajaran tetap tercapai. Sedangkan bagi guru, hendaknya memperhatikan dalam memberikan tugas kepada siswa, karena pemberian tugas yang kurang proporsional akan mengakibatkan siswa sulit memahami materi.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 Februari 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112371
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Serly Puspita Sari 180210301082 Pendidikan Ekonomi.pdf
  Until 2028-01-25
3.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools