Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11213
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWachidah Putri Ramadhani-
dc.date.accessioned2013-12-20T06:36:28Z-
dc.date.available2013-12-20T06:36:28Z-
dc.date.issued2013-12-20-
dc.identifier.nimNIM080210102041-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11213-
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam Tujuan penelitian ini adalah: vii menggunakan model problem based instruction disertai teknik mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri Lumajang. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t one tail pihak kanan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisa data yang digunakan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan model problem based instruction disertai teknik mind mapping adalah dengan cara membandingkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kenaikan rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah sebesar 62.2, sedangkan untuk kelas kontrol kenaikan pre-test dan post-test adalah sebesar 48.77. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Analisis data tersebut dikuatkan dengan menggunakan uji t one tail pihak kanan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan model problem based instruction disertai teknik mind mapping diperoleh nilai = 1.911 dan nilai = 1,669 sehingga > , maka hipotesis nihil Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: viii dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X MA Negeri Lumajang tahun ajaran 2011/2012,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102041;-
dc.subjectODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI TEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA/MAen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wachidah P. Ramadhani_1.pdf79.19 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools