Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111627
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada Materi Luas Segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasan
Authors: WAHYUNINGSIH, Sri
Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
ETNOMATEMATIKA
RUMAH ADAT TANÈYAN LANJHÂNG
Issue Date: 20-May-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada Materi Luas Segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasan; Sri Wahyuningsih; 180210204183; 2022; 54 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Etnomatematika dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran matematika konkret. Hal tersebut memberikan pandangan bahwa etnomatematika memiliki peran dalam mengaitkan bentuk maupun konsep matematika dengan budaya, sehingga melalui budaya dapat membentuk matematika yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata, dan dapat membantu peserta didik memahami pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Galis 1, guru hanya terfokus pada buku siswa sebagai bahan ajar dan penyajian materi kurang bermakna, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan kurang bersemangat, serta berpengaruh pada hasil belajarnya. Guru tidak pernah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal. Pada saat pembelajaran materi luas segitiga peserta didik kurang bersemangat atau rasa keingintahuannya rendah, sehingga tingkat pemahaman peserta didik dan hasil belajarnya kurang maksimal, 43,75% dari jumlah peserta didik di kelas IV tidak mencapai KKM (<70). Selain itu berdasarkan wawancara dengan peserta didik, mereka kurang mengenal kearifan lokal (rumah adat) dan belum mengetahui bahwasanya pada rumah adat terdapat konsep matematika, termasuk pada proses pembuatan bangunan. Salah satu solusi yang mendukung pembelajaran matematika lebih bermakna yaitu menghubungkan pembelajarannya dengan kehidupan nyata melalui budaya, yang disebut dengan etnomatematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada materi luas segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasan yang valid, efektif, dan praktis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan Madura pada Materi Luas Segitiga Kelas IV SDN Galis 1 Pamekasan yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (R&D) model Borg & Gall, yang terdiri dari 8 tahap, antara lain tahap penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan desain produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba penggunaan, revisi produk pengembangan, dan uji coba keefektifan. Penelitian dilakukan di SDN Galis 1 semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi produk, lembar angket uji coba penggunaan, dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng memenuhi kriteria valid dan efektif. valid ditunjukkan dari hasil validasi ketiga validator dengan nilai 93,67 (sangat valid). Efektif ditunjukkan dari tes hasil belajar peserta didik, 81,25% dari jumlah peserta didik di kelas IV SdN Galis 1 mendapatkan nilai 71-100 dan 18,75% mendapatkan nilai dibawah 71. berdasarkan hasil penelitian tersebut, LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Tanèyan Lanjhâng di Pamekasan madura pada materi luas segitiga efektif digunakan dalam pembelajaran SD.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 16 Januari 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111627
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Sri Wahyuningsih.pdf
  Until 2027-08-22
1.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools