Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111626
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWIDA, Novica Sinta-
dc.date.accessioned2023-01-16T00:08:12Z-
dc.date.available2023-01-16T00:08:12Z-
dc.date.issued2022-07-
dc.identifier.nim162410101028en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111626-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 16 Januari 2023en_US
dc.description.abstractAplikasi Pospay merupakan layanan keuangan online yang dimiliki oleh PT. Pos Indonesia yang telah ada sejak tahun 2019. Pospay adalah platform digital yang berbasis rekening Giropos yang dapat diakses secara mobile. Pospay memiliki beberapa fitur diantaranya Bill Payment, Pengiriman Uang, Pengelolaan Keuangan, dan QRIS. Pada tahun 2021 pengguna aplikasi Pospay mengalami kenaikan 57% di Kabupaten Jember. Hasil survey yang dilakukan peneliti kepada pengguna aplikasi Pospay yaitu, tidak ada notifikasi maupun pop-up pembatalan transaksi yang sedang berlangsung, tidak terdapat langkah-langkah dalam penggunaan aplikasi Pospay secara detail, serta simbol atau ikon di setiap menu belum konsisten. Diperlukan evaluasi terhadap aplikasi Pospay yang dapat mengetahui tingkat keparahan masalah dalam aplikasi Pospay berdasarkan interface dan experience pengguna. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan menggunakan 10 prinsrip Heuristic serta 1 prinsip tambahan yaitu Privacy menurut Muller. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi perbaikan saran untuk aplikasi Pospay. Tahap pertama pada penelitian ini ialah penyusunan instrumen yang kemudian dijadikan butir-butir pertanyaan kuesioner serta dilanjutkan uji instrumen memakai uji validitas serta uji reliabilitas. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 332 pengguna aplikasi Pospay Kabupaten Jember. Kuesioner yang telah disebarkan, kemudian diolah sehingga menghasilkan nilai severity rating di setiap variabel Heuristic. Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan ditemukan 27 permasalahan dari 32 pertanyaan kuesioner. Nilai severity ratings 3 (Major Usability Problem) terdapat 2 item di variabel Visibility of System Status dan Help and Documentation. Nilai severity ratings 2 (Minor Usability Problem). terdapat 2 item di variabel Error Prevention dan Help and Documentation. Nilai severity ratings 1 (Cosmetic Problem) terdapat 23 item di variabel Match Between System and The Real World, User Control and Freedom, Consistency and Standards, Recognition Rather Than Recall, dan Flexibility and Efficiency of Use. Nilai severity ratings 0 (Don’t Agree) terdapat 5 item di variabel Visibility of System Status, User Control and Freedom, Help and Documentation, dan Privacy.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Sistem Informasi dan Ilmu Komputeren_US
dc.subjectUSER INTERFACEen_US
dc.subjectEVALUASI APLIKASIen_US
dc.subjectAPLIKASI POSPAYen_US
dc.subjectMETODE HEURISTIC EVALUATIONen_US
dc.titleEvaluasi User Interface & User Experience pada Aplikasi Pospay Menggunakan Metode Heuristic Evaluationen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita, S.Kom., M.MT.en_US
dc.identifier.pembimbing2Gayatri Dwi Santika, S.SI., M.Komen_US
dc.identifier.validatorIghfirlinaen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Novica Sinta Wida 162410101028 Watermark UNEJ.pdf
  Until 2027-09-13
3.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools