Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111387
Title: Analisis Sentimen terhadap Opini Publik Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) Melalui Media Twitter dengan Metode Naïve Bayes Classifier
Authors: ALI, Saifur Rifqi
Keywords: ANALISIS SENTIMEN
MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA (MBKM)
NAÏVE BAYES CLASSIFIER
Issue Date: 12-Dec-2022
Publisher: Fakultas Ilmu Komputer
Abstract: Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program kerja baru hasil dari inisiatif Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) di era jabatan bapak presiden Ir. Joko Widodo yaitu bapak Nadiem Makarim yang ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi semua pihak. Perkembangan program kerja MBKM ini dapat dilihat dari seberapa banyak respons yang digambarkan oleh masyarakat dalam menyikapi serangkaian program yang ditawarkan. Hal ini tentu dapat menimbulkan berbagai macam jenis komentar seperti komentar positif, komentar netral maupun komentar negatif. Umumnya komentar yang disampaikan biasa disebar luaskan melalui media sosial salah satunya ialah twitter. Analisis Sentimen dimanfaatkan guna mencari informasi sentimen yang terkandung dalam setiap komentar. Pada penelitian ini analisis sentimen difungsikan untuk mengelompokkan jenis komentar yang ada ke dalam bentuk klasifikasi yang telah disiapkan antara lain seperti kelas sentimen positif, kelas sentimen netral dan kelas sentimen negatif. Algoritma Naïve Bayes Classifier merupakan sebuah metode yang digunakan dalam proses pengklasifikasian dataset yang berjumlah 2000 data komentar. Pengklasifikasian data dilakukan menggunakan tiga skema pengujian yaitu 70%:30%, 80%:20% dan 90%:10%. Adapun akurasi terbaik yang diperoleh dalam pengujian klasifikasi ini yaitu sebesar 70% dengan skema perbandingan 90%:10%.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111387
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-12-26
1.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools