Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110818
Title: Efektivitas Terapi Latihan Asertif dalam Menurunkan Resiko Perilaku Kekerasan Pada Pasien Skizofrenia : Literature Review
Authors: FAHREZI, Ramadhan Hasan
Keywords: TERAPI LATIHAN ASERTIF
RESIKO PERILAKU KEKERASAN
PASIEN SKIZOFRENIA
Issue Date: 28-Jun-2022
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: PENDAHULUAN: Salah satu dari gejala buruk skizofrenia adalah resiko perilaku kekerasan. Perilaku kekerasan adalah suatu keadaan dimana seseorang melakukan tindakan yang bertujuan untuk melukai dirinya sendiri, orang lain, bahkan lingkungan sekitar baik secara fisik maupun psikologis.(Malfasari et al., 2020). Salah satu terapi yang dapat digunakan pada penderita skizofrenia dengan resiko perilaku kekerasan adalah terapi latihan asertif. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran dari berbagai sudut pandang serta dari berbagai penelitian yang sama tentang seberapa efektif terapi latihan asertif dalam menurunkan resiko perilaku kekerasan pada penderita skizofrenia. METODE: Studi ini menggunakan metode literature review dengan pencarian artikel dilakukan pada database elektronik Pubmed dan Google Scholar. Didapatkan 299 artikel pada database pencarian Pubmed dan Google Scholar namun hanya 8 artikel yang memenuhi seluruh kriteria inklusi dan dilakukan review. HASIL: Penelitian dari 8 artikel semua menyatakan bahwa ada pengaruh pemberian terapi latihan asertif dalam menurunkan resiko perilaku kekerasan pada penderita skizofrenia. KESIMPULAN: Berdasarkan hasil dari kajian 8 artikel mmbuktikan bahwa terapi latihan asertif memang efektif dalam menurunkan resiko perilaku kekerasan pada penderita skizofrenia.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 15 Nopember 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110818
Appears in Collections:Diploma Programme - Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LAPORAN TUGAS AKHIR (192303102020_RAMADHAN HASAN FAHREZI).pdf
  Until 2027-09-06
1.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.