Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110736Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | RAHMANDA, Haidar | - |
| dc.date.accessioned | 2022-11-09T07:36:04Z | - |
| dc.date.available | 2022-11-09T07:36:04Z | - |
| dc.date.issued | 2022-10-11 | - |
| dc.identifier.nim | 181910101128 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110736 | - |
| dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 9 Nopember 2022 | en_US |
| dc.description.abstract | Dalam kondisi perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi kendaraan urban consept harus memenuhi peraturan khusus yang telah ditetapkan. oleh karena itu velg yang dirancang haruslah memiliki ketangguhan untuk melewati berbagai macam medan jalan yang dilaluinya. Velg merupakan bagian paling penting dari kendaraan yang berfungsi untuk menopang keseluruhan beban yang bekerja pada mobil, menjaga agar mobil tetap berjalan dengan normal dan tidak mengalami deformasi yang berlebih dan aman ketika digunakan. Untuk itu perencanaan desain velg harus diperhatiakan. Pemilihan material yang kuat namun tetap ringan dilakukan, dengan menggunakan material carbon fiber. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa mengenai velg mobil urban TITEN EV-2 pada pembebanan statis dengan variasi jumlah palang 3, 4, 5, dan 6. Dengan menggunakan metode elemen hingga analisis kekuatan dari desain struktur velg dapat diketahui dengan melihat tegangan maksimum dan deformasi total yang bekerja pada velg. Dari hasil simulasi diperoleh nilai tegangan maksimum dari masing-masing variasi palang tidak melebihi batas yield sehingga velg ini dapat dikategorikan aman karena struktur ini mengalami deformasi elastis yang mana velg akan kembali ke bentuk semula jika gaya yang bekerja dihilangkan. Carbon fiber memiliki modulus young yang sangat tinggi sehingga regangan yang terjadi sangat kecil. Selisih berat dari masing-masing variasi velg memiliki selisih berat yang tidak signifikan, yaitu berkisar 20 gram saja. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Ir. Agus Triono S.T., M.T. Dosen Pembimbing Anggota : Ir. Aris Zainul Muttaqin S.T., M.T. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
| dc.subject | VELG CARBON FIBER | en_US |
| dc.subject | MOBIL URBAN TITEN EV-2 | en_US |
| dc.title | Analisis Kekuatan Statis Velg Carbon Fiber pada Mobil Urban Titen EV-2 | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Teknik Mesin | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Ir.Agus Triono S.T., M.T | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Ir.Aris Zainul Muttaqin S.T., M.T. | en_US |
| dc.identifier.validator | Kacung-7 November 2022 | en_US |
| dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| repository_Haidar Rahmanda_181910101128.pdf Until 2027-11-07 | 3.5 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools