Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110606
Title: Pengembangan Chatbot Menggunakan Metode Cosine Similarity pada Layanan Informasi Wisata Wilayah Kabupaten Situbondo
Authors: PRAYUGI, Prima Ananta
Keywords: Chatbot
Metode Cosine Similarity
Layanan Informasi Wisata
TF-IDF
Issue Date: 21-Jul-2022
Publisher: Fakultas Sistem Informasi dan Ilmu Komputer
Abstract: Chatbot memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan mesin atau sistem komputer melalui Bahasa alami. Bentuk percakapan yang dilakukan adalah melalui tulisan. Dengan adanya chatbot informasi wisata diharapkan dapat membantu masyarakat atau wisatawan didalam memperoleh informasi objek wisata yang ada di Kabupaten Situbondo secara cepat. Pengunjung memasukkan pertanyaan seputar objek wisata berupa teks, kemudian chatbot akan memberikan respon berupa jawaban atas pertanyaan pengunjung. Cosine Similarity merupakan metode untuk membandingkan kemiripan antar dokumen, yang dibandingkan adalah query dengan dokumen latih. Penggunaan metode tersebut akan diterapkan ke dalam sistem chatbot pada layanan informasi wisata wilayah Kabupaten Situbondo. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan beberapa scenario data menghasilkan akurasi tertinggi yaitu 84,52381%, dan juga menghasilkan nilai presisi dan recall tertinggi yakni 85,54217% dan 98,61111%.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 7 Nopember 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110606
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi repository_prima.pdf
  Until 2027-09-13
2.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools