Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110529
Title: Pengaruh Metode Orff Schulwerk Terhadap Kecerdasan Kinestetik pada Anak Kelompok A di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Authors: RAHMAWATI, Zakiyah
Keywords: Metode Orff Schulwerk
Kecerdasan Kinestetik
Anak Kelompok A
Issue Date: 10-Jul-1999
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kecerdasan kinestetik merupakan sebuah kemampuan dalam keseimbangan dan keselarasan antara pikiran dan tubuh, sehingga apa yang dikatakan oleh pikiran akan terealisasikan dalam bentuk gerakan-gerakan indah, bermakna, dan kreatif. Namun, berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok A di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun ajaran 2021/2022 tingkat perkembangan kecerdasan kinestetik anak terbilang masih cukup rendah, rendahnya tingkat tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dan juga observasi dengan ibu guru di kelas. Penyebab dari kurangnya kecerdasan kinestetik di sekolah tersebut dikarenakan metode yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi yang mana hanya berfokus pada peningkatan membaca dan menulis pada anak. Kegiatan yang dilakukan di sekolah hanya dengan metode sentra itu pun belum berkembang dengan baik. Hal tersebut membuat kecerdasan kinestetik pada anak kelompok A kurang dapat berkembang secara maksimal, kecerdasan terseut meliputi, 1) koordinasi yaitu mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan, 2) keseimbangan yaitu menjaga kestabilan tubuh ketika bergerak atau berkegiatan, 3) kekuatan yaitu kemampuan melatih otot, 4) kecepatan yaitu kemampuan dalam bergerak cepat atau sesuai dengan irama, 5) fleksibilitas kemampuan dalam elastisitas atau keluwesan, dan 6) ketangkasan kemampuan dalam cekatan seperti melompat dan sebagainya. Berdasarkan permasalahan di atas, salah satu metode yang dapat diterapkan guna membantu dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak yaitu dengan menggunakan metode Orff Schulwerk. Metode ini diterapkan dengan beberapa dari Langkah metode Orff Schulwerk yaitu,1) membuka pelajaran sesuai dengan menarik, 2) menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik, 3) menyajikan informasi mengenai tema atau kegiatan, 4) membagi anak menjadi beberapa kelompok, 5) mengajak anak bernyanyi dan menari mengikuti lagu, 6) memainkan body percussion atau perkusidari tubuh dengan mengikuti irama lagu, 7) evaluasi terhadap pembelajaran, dan 8)memberikan reward. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh metode Orff Schulwerk terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok A di RA Perwanida 01 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021/2022”. Adapun tujuan yang dicapai adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode Orff Schulwerk terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok A di RA Perwanida 01 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian nonequivalen pretest posttest control group. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian ini yaitu RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Kelompok yang diujiterdiri dari kelompok A1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok A2 sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji t diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 3,177. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Diketahui df = n-2 (26-2) =24 pada taraf signifikansi 5% , nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,063. Berdasarkan hasil analisis tersebut nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 apabila ditulis angka 3,177 > 2,063 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎) diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode Orff Schulwerk terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok A di RA Perwanida 01 Wirolegi Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Saran yang dapat disampaikan hendaknya guru menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariatif, inovatif dan kreatif agar kegiatan pembelajaran di kelas tidak membosankan dan dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan maupun kecerdasan pada diri anak berkembang secara optimal dan sesuai dengan capaian. Bagi kepala sekolah hendaknya memotivasi dan mewadai para guru untuk dapat terus berkembang sesuai capaian.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 3 Nopember 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110529
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZAKIYAH RAHMAWATI NIM 180210205061.pdf
  Until 2027-09-07
2.82 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools