Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110099
Title: Prosedur Pelayanan Penjualan Tiket Masuk pada Wisata Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran
Authors: HANIFAH, Fitrian Rifaatul
Keywords: PENJUALAN TIKET MASUK
WISATA GUNUNG API PURBA
WISATA NGLANGGERAN
Issue Date: 25-Aug-2022
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Indonesia memiliki beragam pulau dan budaya yang sangat menguntungkan bagi bidang kepariwisataan karena dapat menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Sektor pariwisata merupakan sektor terpenting yang dapat mempengaruhi perekonomian negara. Kegiatan pariwisata merupakan kegiatan yang bersifat sementara, yang dilakukan secara suka rela tapa adanya paksaan untuk menikmati objek dan atraksi wisata. Meskipun begitu pelaku wisata harus dapat memberikan kesan dan pengalaman yang baik untuk wisatawan. Kesan pertama yang didapat oleh wisatawan dapat mempengaruhi citra atau reputasi tempat wisata tersebut, maka dari itu perlunya prosedur pelayanan kepada wisatawan yang diterapka mulai dari wisatawan datang. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai macam wisata adalah Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di Kabupaten Gunungkidul. Salah satu desa wisata Gunungkidul adalah Desa Wisata Nglanggeran yang berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Wisata Nglanggeran merupakan desa wisata terbaik di Dunia versi UNWTO dengan salah satu objek wisatanya adalah Gunung Api Purba. Gunung Api purba merupakan gunung api yang pernah aktif pada 0,6-70 juta tahun yang lalu yang memilliki ketinggian 700 mdpl. Desa Wisata Nglanggeran mempuyai inovasi dalam pelayanan wisata yaitu sistem pelayanan Ticketing. Menurut Tjiptono (2006), menyebutkan, bahwa kualitas memiliki kualitas hubungan yang erat dengan kepuasan konsumen. Ticketing juga meliputi bagaimana memberikan pelayanan kepada wisatawan agar wisatawan merasa nyaman dan aman serta mendapat pengalaman yang dapat dikenang dengan baik. Gunung Api Purba juga memiliki prosedur pelayanan ticketing yang harus diterapkan oleh petugas loket, mulai dari wisatawan datang lalu wisatawan melakukan pemesanan tiket, pembayaran, pencetakan hingga pada tahap terakhir adalah laporan keuangan. Tidak hanya penjualan tiket masuk yang harus ada prosedur pelayanannya tetapi juga pembatalan pada saat sudah melakukan transaksi juga mempunyai prosedur dengan cara yang pertama adalah wisatawan dapat menginformasikan kepada pengelola Gunung Api Purba jika akan melakukan pembatalan tiket masuk, pembatalan akan di proses oleh pengelola Gunung Api Purba jika wisatawan tersebut belum memasuki kawasan Gunung Api Purba dan memiliki alasan tersendiri, maka setelah itu akan dilakukannya pengembalian uang kepada wisatawan. Upaya pengelola pokdarwis dalam melakukan prosedur pelayanan tiket seringkali tidak luput dengan suatu permasalahan, mulai dari seringnya terjadi pemadaman arus listrik dan juga komputer error. Untuk mengatasi hal tersebut pokdarwis akan melakukan sistem ticketing yang manual atau dengan cara menulis di nota biasa. Tantangan lain yang dihadapi pengelola juga yaitu kurangnya sumber daya manusia yang bisa mengoperasikan komputer dan kurangnya minat masyarakat untuk mengikuti pelatihan bahasa asing sehingga masih terbatasnya pengelola Gunung Api Purba yang bisa berbahasa asing sehingga perlu dorongan untuk berkembang seiring dengan perkembangannya destinasi wisata dan juga wisatawan yang datang ke Desa Wisata Nglanggeran.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 12 Oktober 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110099
Appears in Collections:DP-Travel Agent

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TA Hani AMd. Par.pdf
  Until 2027-10-11
1.42 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.