Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110092
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAHARJA, Prasetya Graha-
dc.date.accessioned2022-10-12T02:13:07Z-
dc.date.available2022-10-12T02:13:07Z-
dc.date.issued2022-06-22-
dc.identifier.nim200820101013en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110092-
dc.description.abstractPandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen. Hasil survei Deloitte (2020) menunjukkan kecenderungan konsumen berbelanja melalui e-commerce platform store atau jaringan online lainnya dibanding toko fisik. Jual beli secara lelang telah mengalami perubahan dari cara konvensional menjadi digital. Digitalisasi proses bisnis lelang di Indonesia ditandai dengan dikembangkannya Portal Lelang Indonesia oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Digitalisasi ini terbukti mampu meningkatkan jumlah pelaksanaan lelang namun di beberapa wilayah tidak diimbangi dengan peningkatan produktivitas lelang. Produktivitas lelang di wilayah kerja Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur masih dibawah target nasional. Theory of Planned Behavior (TPB) telah banyak digunakan untuk melakukan penelitian di berbagai bidang termasuk mempelajari perilaku membeli melalui aplikasi lelang online. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan kerangka TPB untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan kepercayaan terhadap niat dan perilaku membeli pada Portal Lelang Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling. Responden penelitian ini adalah 143 orang pemenang lelang yang pernah melakukan pembelian lelang di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Timur. Alat analisis yang digunakan adalah AMOS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap niat membeli pada Portal Lelang Indonesia. Niat membeli, perceived behavioral control dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku membeli pada Portal Lelang Indonesia. Sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan kepercayaan secara tidak langsung berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku membeli pada Portal Lelang Indonesia melalui mediasi niat membeli. Niat membeli memediasi secara partial hubungan tidak langsung antara perceived behavioral control dan kepercayaan terhadap perilaku membeli.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I Prof. Dr. Diah Yulisetiarini, M.Si. Dosen Pembimbing II Dr. Hari Sukarno, M.M.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectTHEORY OF PLANNED BEHAVIORen_US
dc.subjectMENGETAHUI NIATen_US
dc.titlePenerapan Theory of Planned Behavior untuk Mengetahui Niat dan Perilaku Membeli pada Portal Lelang Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Manajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Diah Yulisetiarini, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Hari Sukarno, M.M.en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository tanggal 11 Oktober 2022_M. Arif Tarchimansyahen_US
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
watermark.pdf
  Until 2027-08-11
PENERAPAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR UNTUK MENGETAHUI NIAT DAN PERILAKU MEMBELI PADA PORTAL LELANG INDONESIA1.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.