Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110057
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAMADHAN, Widiet Nurcahyo-
dc.date.accessioned2022-10-11T05:48:13Z-
dc.date.available2022-10-11T05:48:13Z-
dc.date.issued2022-07-19-
dc.date.submitted
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110057-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 11 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractPendidikan saat ini menghadapi tantangan abad 21, dimana transformasi pembelajaran diperlukan agar siswa mampu menguasai berbagai keterampilan untuk menghadapi era persaingan ekonomi global (Suratno et al., 2019). Dalam upaya menghadapi tantang tersebut, guru harus berupaya melakukan peningkatan kualitas pembelajaran untuk mengubah pola pikir atau paradigma pembelajaran IPA yaitu dari pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) menuju berpusat pada siswa (Student Centered Learning) (Nichols, 2017). Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata validasi menunjukkan skor 94,46 dengan kategori sangat valid, rerata hasil observasi untuk uji kepraktisan model pembelajaran yaitu sebesar 86,5 dengan kategori sangat valid, rerata hasil nilai kesadaran metakognisi sebesar 83,4 dengan kategori cukup berkembang, rerata hasil keterampilan proses IPA sebesar sebesar 77 pada kategori baik dan rerata NGain hasil belajar peserta didik sebesar 0,39 dengan kategori sedang, sehingga hasil pengembangan model pembelajaran POSPACE pada kategori valid, efektif dan praktisen_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Suratno, M. Si (Dosen Pembimbing) Dr. Yushardi, S.Si., M.Si.(Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKesadaran Metakognisi, Keterampilan Proses IPA, Hasil Belajaren_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Pospace untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognisi Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
tesis tanda air.pdf
  Until 2027-10-11
3.94 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.