Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110057
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RAMADHAN, Widiet Nurcahyo | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-11T05:48:13Z | - |
dc.date.available | 2022-10-11T05:48:13Z | - |
dc.date.issued | 2022-07-19 | - |
dc.date.submitted | ||
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110057 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 11 Oktober 2022 | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan saat ini menghadapi tantangan abad 21, dimana transformasi pembelajaran diperlukan agar siswa mampu menguasai berbagai keterampilan untuk menghadapi era persaingan ekonomi global (Suratno et al., 2019). Dalam upaya menghadapi tantang tersebut, guru harus berupaya melakukan peningkatan kualitas pembelajaran untuk mengubah pola pikir atau paradigma pembelajaran IPA yaitu dari pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) menuju berpusat pada siswa (Student Centered Learning) (Nichols, 2017). Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Oleh karena itu penelitian mengenai pengembangan model pembelajaran yang tepat dan efektif harus diterapkan untuk membentuk siswa menjadi pembelajar yang mandiri (Okpara, 2007). Sehingga pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi pilihan yang tepat melalui pengembangan model baru untuk mengajarkan konten sistem reproduksi pada tumbuhan menggunakan kejadian sosial terintegrasi IPA dan Agama yang dibungkus dalam video berbentuk cerita untuk lebih mudah dipahami siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata validasi menunjukkan skor 94,46 dengan kategori sangat valid, rerata hasil observasi untuk uji kepraktisan model pembelajaran yaitu sebesar 86,5 dengan kategori sangat valid, rerata hasil nilai kesadaran metakognisi sebesar 83,4 dengan kategori cukup berkembang, rerata hasil keterampilan proses IPA sebesar sebesar 77 pada kategori baik dan rerata NGain hasil belajar peserta didik sebesar 0,39 dengan kategori sedang, sehingga hasil pengembangan model pembelajaran POSPACE pada kategori valid, efektif dan praktis | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Suratno, M. Si (Dosen Pembimbing) Dr. Yushardi, S.Si., M.Si.(Dosen Pembimbing) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kesadaran Metakognisi, Keterampilan Proses IPA, Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengembangan Model Pembelajaran Pospace untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognisi Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
tesis tanda air.pdf Until 2027-10-11 | 3.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.