Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110028
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFARADILA, Alifa-
dc.date.accessioned2022-10-10T22:01:16Z-
dc.date.available2022-10-10T22:01:16Z-
dc.date.issued2022-08-11-
dc.identifier.nim170210102001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110028-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 11 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu cabang dari IPA yang mempelajari alam dan segala fenomenanya termasuk makhluk hidup. Hasil belajar siswa dapat ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam mempelajari fisika, siswa harus lebih memahami konsep daripada hanya menghafal saja. Multirepresentasi dapat dijadikan sebagai pendekatan dalam proses pembelajaran fisika. Multirepresentasi diartikan sebagai suatu cara yang menyajikan berbagai representasi untuk menanamkan suatu konsep kepada siswa. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kategori kemampuan representasi verbal, representasi gambar, representas matematik, dan representas grafik pada materi suhu dan kalor di SMA. Pelaksanaan penelitian sesuai langkah yang telah dibuat yaitu pertama kegiatan persiapan terdiri dari menentukan tempat penelitian, pembuatan surat izin penelitian, dan berkoordinasi dengan guru mata pelajaran fisika di sekolah yang akan dijadikan penelitian. Sekolah yang digunakan untuk penelitian yaitu SMA Negeri 1 Arjasa, SMA Negeri 1 Pakusari, dan SMA Negeri 1 Jember. Dalam penelitian ini menggunkan 1 kelas siswa kelas 11 MIPA di masing-masing sekolah. Langkah kedua yaitu pembuatan instrumen tes uraian. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes uraian berjumlah 5 soal yang mengandung ke empat representasi. Langkah ketiga pengumpulan data yang dilakukan dengan mengujikan soal kepada siswa. Langkah keempat yaitu analisis data yang diperoleh dari hasil tes siswa. Langkah kelima yaitu pembahasan. Dan langkah terakhir keenam kesimpulan. Berdasarkan analisis data kategori kemampuan representasi matematik siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 13,59%, baik sebesar 64,73%, cukup sebesar 15,43%, kurang dan sangat kurang sebesar 3,13%. Kategori kemampuan representasi gambar siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 8,25%, baik sebesar 32,52%, cukup sebesar 22,90%, kurang sebesar 27,73% dan sangat kurang sebesar 8,61%. Kategori kemampuan representasi grafik siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 4,17%, baik sebesar 32,36%, cukup sebesar 33,96%, kurang sebesar 20,97% dan sangat kurang sebesar 8,54%. Kategori kemampuan representasi verbal siswa SMAN di Jember berkategori sangat baik sebesar 1,11%, baik sebesar 41,49%, cukup sebesar 34,60%, kurang sebesar 11,19% dan sangat kurang sebesar 12,30%. Berdasar kesimpulan yang diperoleh, penelitian ini bermanfaat untuk guru sebagai informasi dalam menentukan model pembelajaran yang akan digunkan. Hasil penelitian dapat digunakan sekolah sebagai masukan memperbaiki kualitas pembelajaran. Untuk peneliti lain dapat digunakan sebagai sumber rujukan penelitian sejenis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuanen_US
dc.subjectMultirepresentasien_US
dc.subjectSuhu dan Kaloren_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Multitepresentasi Fisika Materi Suhu dan Kalor pada Siswa di SMAN Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alifa Faradila_170210102001.pdf
  Until 2027-10-10
3.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools