Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110024
Title: | Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Operasi Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SDN 1 Cluring |
Authors: | FAMBUDI, Ridho |
Keywords: | Belajar Problem Based Learning Pengaruh |
Issue Date: | 17-Jul-2022 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Belajar merupakan suatu proses perubahan aktivitas baik secara fisik ataupun psikis seseorang dalam bertingkah laku sehingga menunjukkan perilaku yang berbeda kearah yang lebih baik. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pembelajaran dimana kemampuan tersebut melipusi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model pembelajaran Problem Based Learning sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dikarenakan siswa memecahkan permasalahannya sendiri. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengatahui pegaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SDN 1 Cluring. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan pola pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil perhitungan uji-t menggunakan SPSS 22 diperoleh thitung=4,383 , sedangkan ttabel = 1,668 pada taraf signifikansi 5% dengan df 65, maka menyatakan ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SDN 1 Cluring. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl 11 Oktober 2022 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110024 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_RIDHO_WATERMARK.pdf Until 2027-10-11 | 4.81 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools