Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109661
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURFADILAH, Siti-
dc.date.accessioned2022-09-28T05:54:34Z-
dc.date.available2022-09-28T05:54:34Z-
dc.date.issued2022-04-25-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109661-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 28 September 2022en_US
dc.description.abstractSalah satu aspek yang perlu untuk dikembangkan pada anak usia dini yaitu aspek kognitif. Perkembangan kognitif tersebut dapat diperoleh salah satunya dari kegiatan pembelajaran matematika seperti berhitung, pengukuran, bentuk geometri, pola dan mencocokan. Berdasarkan hasil observasi di RA Baiturrahman Banyuwangi, ditemukan beberapa anak yang masih mengalami kesulitan dalam memahami kemampuan berhitung. Pemahaman anak dalam belajar masih sebatas mengingat dan menghafal. Sehingga ketika guru meminta anak-anak untuk mengaplikasikannya secara langsung ke dalam LKA (Lembar Kerja Anak), masih ada beberapa anak yang mengalami kesulitan. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat pembelajaran masih ada anak yang tidak dapat mengurutkan lambang bilangan, ada juga anak yang masih kesulitan dalam menyebutkan lambang bilangan, anak mampu menyebutkan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 20 bahkan lebih, akan tetapi anak tidak memahami simbol bilangannya dan ketika anak diminta untuk menghitung banyaknya benda di LKA (Lembar Kerja Anak), anak masih belum tepat dalam menunjukkan gambar sehingga hasil hitungan anak menjadi salah. Permasalahan tersebut terjadi karena tidak adanya media saat pembelajaran, sehingga membuat anak-anak merasa jenuh dan cepat bosan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Jadi dengan adanya permasalahan tersebut penelitian ini ingin menguji coba permainan dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini. Permainan congklak angka dipilih untuk menjembatani pembelajaran berhitung pada anak usia dini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi tahun ajaran 2021/2022?”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan eksperimental dan pola penelitian yang dilakukan adalah jenis Quasi Eksperimental dan menggunakan rancangan Non-Equivalent Control Group. Penelitian eksperimental yaitu berusaha untuk mengkaji apakah ada atau tidak hubungan antara sebab dan akibat pada perlakuan yang diberikan dan dampak yang terjadi. Penelitian ini pula ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya sebuah pengaruh permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t-test diperoleh hasil thitung sebesar 4,540. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel. Kemudian diketahui df = n – 2 maka df = 30 – 2 = 28 pada taraf signifikansi 5%, sehingga ttabel = 2,048. Berdasarkan hasil diatas dapat diketahui bahwa hasil thitung > ttabel yaitu 4,540 > 2,048. Berdasarkan dari hasil diatas maka dapat diketahui bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak sedangkan pada hipotesis (H1) diterima yang artinya ada pengaruh permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menjadikan media permainan congklak angka dalam penelitian ini sebagai salah satu dalam program pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut bisa tercapai secara optimal.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. Dosen Pembimbing Anggota : Luh Putu Budyawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPERMAINAN CONGKLAK ANGKAen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERHITUNGen_US
dc.subjectANAK USIA 5-6 TAHUNen_US
dc.titlePengaruh Permainan Congklak Angka terhadap Kemampuan Berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi tahun ajaran 2021/2022en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI NURFADILAH (109).pdf
  Until 2027-09-28
2.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools