Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109649
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSANTOSO, Agus-
dc.date.accessioned2022-09-28T01:54:42Z-
dc.date.available2022-09-28T01:54:42Z-
dc.date.issued2022-06-10-
dc.identifier.citationAPAen_US
dc.identifier.citationAPA-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109649-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 28 September 2022en_US
dc.description.abstractGeografi adalah ilmu yang mengintegrasikan antara dimensi fisik dan dimensi manusia yang terfokus pada pendekatan keruangan, kompleks wilayah, dan kelingkungan, serta membekali siswa dengan keterampilan untuk mengidentifikasi pola dan kecenderungan perubahan spasial, dan menganalisis penyebab dan dampak dari perubahan tersebut, sehingga mampu membantu siswa dalam merespons dan hidup dengan lebih baik dalam masyarakat yang dinamis. Pembelajaran geografi di sekolah tidak hanya ditekankan untuk memahami konsep sains semata, namun juga diorientasikan pada efek iringan pembelajaran yang salah satunya adalah kemampuan berpikir spasial, yang sangat penting dalam mempelajari dan menyelesaikan permasalahan geografi. Namun realita di lapangan, guru geografi kurang memfasilitasi siswa dalam melatih kemampuan berpikir spasial. Pembelajaran geografi hingga saat ini masih cenderung berorientasi pada ranah kognitif saja, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang variatif, sumber referensi belajar yang minim dan terpusat pada buku pelajaran, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berupa teknologi geospasial, pembelajaran yang hanya menjelaskan objek material saja, dan penggunaan model atau metode pembelajaran yang tidak membimbing kemampuan berpikir spasial mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir spasial siswa SMA pada beberapa wilayah di Indonesia. Google Earth merupakan salah satu media pembelajaran geografi yang dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial. Hal tersebut karena Google Earth manawarkan citra satelit yang dapat membantu siswa dalam mempelajari permukaan bumi dan planet lainnya baik dua dimensi maupun tiga dimensi, baik secara spasial maupun temporal yang memungkinkan siswa untuk dapat melakukan analisis spasial, sehingga dengan memanfaatkan media Google Earth dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media pembelajaran geografi berbasis Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group, yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan kelas tersebut dilakukan menggunakan uji homogenitas dengan menggunakan nilai penilaian harian bab sebelumnya. Data yang diujikan terbukti heterogen sehingga pemilihan kelas dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata yang hampir sama, diperoleh kelas X-IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPS 2 sebagai kelas kontrol, yang membedakan kedua kelas tersebut adalah perlakuan yang diberikan yaitu kelas eksperimen akan menggunakan media pembelajaran Google Earth dengan model pembelajaran discovery, sedangkan kelas kontrol mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media dan model koonvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-test. Analisis data pada tahap uji T-test, data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil Posttest kemampuan berpikir spasial siswa menunjukkan angka .sig 0,000. Angka tersebut menunjukkan di bawah 0,05. Dengan demikian, apabila .sig kurang dari 0,05 maka terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran geografi berbasis Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Selain itu, berdasarkan uji Gain, skor uji Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan walaupun tidak terlalu besar, hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa pada kelas eksperimen setelah diberikan treatment dengan memanfaatkan Google Earth sebagai media pembelajaran geografi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran geografi berbasis Google Earth berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa, sehingga Google Earth dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si. Dosen Pembimbing Anggota : Muhammad Asyroful Mujib, S. Pd., M. Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN GEOGRAFIen_US
dc.subjectPENGARUH MEDIAen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR SPASIALen_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Geografi Berbasis Google Earth terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agus Santoso_Skripsi with Watermark.pdf
  Until 2027-06-28
4.43 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools