Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10948
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAgung Prasetyo Utomo-
dc.date.accessioned2013-12-20T02:30:29Z-
dc.date.available2013-12-20T02:30:29Z-
dc.date.issued2013-12-20-
dc.identifier.nimNIM070210192133-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10948-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 16 Mei 2011 sampai dengan 4 Juni 2011. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini antara lain: dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas siswa beserta guru, ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus sebesar 39.7% yang termasuk dalam kriteria kurang aktif, dan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan yakni aktivitas belajar rata-rata siswa sebesar 70.76 % dan termasuk pada kriteria aktif, serta aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus II mengalami peningkatan yakni aktivitas belajar rata-rata siswa sebesar 80.19 % dan termasuk pada kriteria sangat aktif Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra-siklus sebelum adanya tindakan adalah sebesar 29.42 %, dan ketuntasan hasil belajar dengan pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 76.47%, serta ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yakni mencapai 88.23%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memehami konsep dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192133;-
dc.subjectHasil Belajar Fisika, Peer Teaching, Everyone is a Teacher Hereen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANARUKANen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agung Prasetyo Utomo_1.pdf729.74 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools