Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109150
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorALMADANI, Alifi-
dc.date.accessioned2022-08-31T06:51:57Z-
dc.date.available2022-08-31T06:51:57Z-
dc.date.issued2022-07-25-
dc.identifier.nim191903103026en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109150-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 31 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPada proyek pembangunan Jembatan Kanor-Rengel terdapat 4 titik pilar yang di kerjakan. Konstruksi beton bertulang yang menumpu di atas pondasi tiang pancang baja ini berfungsi sebagai pemikul antara bentang tepi dan bentang tengah bangunan atas jembatan, menerima dan menyalurkan gaya-gaya vertikal dan horizontal dari bangunan atas ke pondasi dan disalurkan ke tanah. Pada proyek pembangunan Jembatan Kanor-Rengel ini terdapat 4 pilar yang membagi bentang jembatan menjadi tiga segmen sepanjang 55 m; 60 m; dan 55 m. Dalam pembangunan jembatan ini, pilar P1 dan pilar P4 terletak di darat sedangkan pilar P2 dan pilar P3 terletak di Sungai Bengawan Solo. Pilar jembatan terdiri dari pile cap, kolom pilar, dan kepala pilar/pier head. Pondasi yang digunakan pada pilar proyek pembangunan jembatan ini yaitu pondasi tiang pancang baja dengan isian pancang beton bermutu fc’ 30 MPa. Pondasi tiang pancang baja (strous pipe pile) ini diikat dengan baja pengaku dan disatukan dengan pile cap. Pile cap bertujuan agar lokasi kolom/pilar benar–benar berada pada di titik pusat pondasi sehingga tidak menyebabkan eksentrisitas yang dapat menyebabkan beban tambahan pada pondasi. Selain itu, pile cap/footing juga berfungsi untuk menahan gaya geser dari pembebanan yang ada. Pilar P2 dan P3 bagian kolomnya terpisah dan terdiri dari dua kolom yang berbentuk lingkaran (jenis Trestle dengan 2 kolom/pilar). Konstruksi pilar jembatan pada proyek ini menggunakan beton mutu fc’ 30 MPa. Baja tulangan yang digunakan adalah D13 mm, D16 mm, D19 mm, D22 mm dan D25 mm, serta tulangan sengkang spiral ∅12 mmen_US
dc.description.sponsorship(Dosen Pembimbing 1) Ir. Anita Trisiana, S.T., M.T. (Dosen Pembimbing 2) Tatang Maulana Maliq, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectMETODE PELAKSANAAN PILAR P2en_US
dc.subjectPROYEK PEMBANGUNAN JEMBATANen_US
dc.titleMetode Pelaksanaan Pilar P2 dan P3 pada Proyek Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel Bojonegoroen_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiTeknik Sipilen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Anita Trisiana, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Tatang Maulana Maliq, S.T., M.T.en_US
Appears in Collections:DP-Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Proyek Akhir Alifi Almadani 191903103026.pdf
  Until 2027-08-10
3.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.