Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109140
Title: Pengembangan Model Advance Project Learning (APL) untuk Meningkatkan HOTS dan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Kimia di SMAN Kelas XI
Authors: KURNIASARI, Teny
Keywords: ADVANCE PROJECT LEARNING (APL)
MENINGKATKAN HOTS
MULTI REPRESENTASI
Issue Date: Jul-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempunyai peranan penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli kimia mempelajari gejala alam melalui proses pengamatan dan eksperimen yang disertai dengan sikap ilmiah serta kemampuan menganalisis dan mengevaluasi data dengan baik. Mempelajari ilmu kimia masih dirasakan sangat sulit oleh siswa. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya yang luas dan bersifat abstrak. Kimia meliputi materi yang terdiri atas fakta, konsep, hukum, prinsip, teori dan soal yang sebagian besar bersifat abstrak. Selain itu, sulitnya mempelajari ilmu kimia disebabkan karena ilmu kimia memiliki karakteristik tersendiri, yaitu bersifat abstrak, merupakan penyederhanaan dari kondisi real serta berurutan dan berjenjang. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sangat penting dimiliki oleh siswa dalam mempelajari ilmu kimia. Representasi adalah cara menyajikan kembali suatu ide atau konsep tertentu ke dalam bentuk lain yang memiliki arti sama. Dalam pembelajaran kimia ada tiga macam representasi yaitu representasi makroskopik, sub-mikroskopik dan simbolik. Untuk mempermudah memahami konsep kimia, para ahli biasa menggunakan multirepresentasi ini. Dengan demikian, siswa harus memiliki kemampuan multirespresentasi yang baik dalam mempelajari ilmu kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pembelajaran Research and Development (R & D). Desain penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu desain Borg & Gall yang meliputi sepuluh langkah, yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji terbatas, revisi hasil uji terbatas, uji lapangan/uji kelompok besar, revisi hasil uji coba lapangan, uji kelayakan, revisi hasil uji kelayakan, desiminasi dan implementasi. Dari kegiatan penelitian model APL beserta perangkatnya dinyatakan valid, ditunjukkan oleh nilai validasi model APL 91,21%, validasi silabus 89,29%, validasi RPP 90,89%, validasi soal 86,11%, validasi LKPD 85,42% seluruhnya tergolong kategori sangat valid. Model APL dikategorikan praktis, yang ditunjukkan oleh nilai keterlaksanaan dan respon siswa. Keterlaksanaan uji skala kecil 78%, uji skala besar 85%, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 93%, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 92%, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 91%. Nilai respon siswa uji skala kecil 73,65%, uji skala besar 82,38%, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 83,54%, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 82,07%, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 79,85%. Model APL telah diujicoba dan dikategorikan efektif, yang ditunjukkan oleh nilai N-Gain HOTS dan multirepresentasi. Nilai N-Gain HOTS uji skala kecil 0,76, uji skala besar 0,83, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 0,74, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 0,68, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 0,64. Nilai N-Gain kemampuan multirepresentasi uji skala kecil 0,79, uji skala besar 0,77, tahap desiminasi di SMAN 1 Jember 0,78, tahap desiminasi di SMAN 2 Tanggul 0,71, tahap desiminasi di SMAN 3 Jember 0,64. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa APL sangat bermanfaat untuk meningkatkan HOTS dan multirepresentasi serta dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia di SMAN.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Agustus 2022_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109140
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS_WATERMARK.pdf
  Until 2027-08-12
Tesis928.95 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.