Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108971
Title: | Pengembangan Media Berbantuan Geo Gebra pada Sistem Pertidaksamaan Linear-Kuadrat dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa |
Authors: | Annisa, Fitri |
Keywords: | LITERASI MATEMATIKA GEO GEBRA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF |
Issue Date: | 11-Jun-2022 |
Abstract: | Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan (4-D) yang meliputi empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Proses dari keempat tahap tersebut menghasilkan media pembelajaran GeoGebra yang bersifat interaktif, sehingga siswa dapat mengeksplor latihan soal terkait materi pertidaksamaan secara mandiri. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X IPA 2 SMAN Arjasa Jember. Hasil dari pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra yang valid dengan tingkat kevalidan sangat tinggi, memenuhi kriteria praktis sangat baik berdasarkan perolehan skor pada angket respon siswa, dan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan perolehan N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest. Media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra mendapat respon positif dari siswa sebagai media yang menarik dan tidak membosankan, sehingga layak digunakan sebagai media pendukung siswa untuk memahami materi selama kegiatan pembelajaran. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Agustus 2022_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108971 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Repository Fitri Annisa.pdf Until 2027-08-19 | 2.62 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.