Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108935
Title: Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tema Indahnya Kebersamaan Melalui Padlet Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Lateng Banyuwangi
Authors: PUTRI, Erdian Eka
Keywords: e-LKPD
HASIL BELAJAR
Issue Date: 21-Jul-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan hasil pembelajaran tema indahnya kebersamaan melalui padlet pada siswa kelas IV di SDN 1 Lateng Banyuwangi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan oleh Borg & Gall. Subjek penelitian yaitu seluruh kelas IV SDN 1 Lateng Banyuwangi yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA berjumlah 29 siswa dan kelas IVB berjumlah 29 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan 4 metode yaitu: (1) wawancara; (2) validasi; (3) tes; dan (4) angket. Hasil analisis dari data validasi produk E-LKPD mendapat skor 92% dengan kategori sangat valid. Validasi soal & materi mendapatkan presentase 88% dengan kategori sangat valid. Hasil uji-t menunjukkan Sig.(2-tailed) < 0,05 artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar kelompok 1 dengan kelompok 2. Hasil analisis uji t, diperoleh t hitung sebesar 5.178. Hasil t hitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan tabel kritik t (t-tabel) pada taraf signifikansi 0,05. Nilai t tabel untuk taraf signifikansi 0,05 dengan df 56 adalah sebesar 1.673. Hasil tersebut menunjukkan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (5.178 > 1.673). Hasil perhitungan keefektifan mendapatkan skor 50% termasuk kategori keefektifan sedang. Hasil perhitungan kepraktisan produk mendapatkan hasil skor 80,2% termasuk kategori praktis.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108935
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Skripsi ERDIAN EKA.pdf
  Until 2027-08-19
8.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools