Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108915Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | PRASETYO, Ilham Eko | - |
| dc.date.accessioned | 2022-08-18T07:09:18Z | - |
| dc.date.available | 2022-08-18T07:09:18Z | - |
| dc.date.issued | 2021-07-14 | - |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108915 | - |
| dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 18 Agustus 2022 | en_US |
| dc.description.abstract | Transportasi merupakan sektor penting bagi kegiatan ekonomi masyarakat, tetapi penggunaan transportasi harus diimbangi dengan efisiensi bahan bakarnya karena merupakan sektor pengkonsumsi bahan bakar minyak (BBM) terbesar dan berkontribusi mencemarkan lingkungan. Hal ini dapat diminimalisir dengan optimalisasi moda transportasi kereta api karena memiliki daya angkut paling unggul dan lebih efisien dalam hal konsumsi energi. Pemerintah berupaya untuk mengoptimalkan moda transportasi kereta api dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS). Salah satu program dari RIPNAS adalah reaktivasi jalur kereta api Madiun – Slahung. Penelitian ini dilakukan untuk merencanakan geometrik dan struktur jalan rel pada reaktivasi jalur kereta lintas Mlilir – Ponorogo. Literatur yang digunakan berasal dari peraturan terkait dan penelitian yang sejenis sebelumnya. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi data shapefile daerah Madiun dan Ponorogo, peta rupa bumi Jawa Timur, serta data pabrikasi bantalan dan penambat. Tahapan perencanaan meliputi perencanaan trase, perencanaan geometrik jalan rel, dan perencanaan struktur jalan rel. Kelas jalan rel yang direncanakan adalah kelas IV dengan kecepatan maksimum 90 km/jam dan beban gandar maksimal 18 ton. Perencanaan geometrik disesuaikan dengan trase eksisting yang menghasilkan tiga lengkung horizontal dan enam lengkung vertikal, sedangkan berdasarkan perencanaan struktur jalan rel menghasilkan penggunaan rel R54, celah antar rel 11 mm, baut sambungan 4Ø23 mm , bantalan tipe N-67, penambat pandrol clips tipe e’1800, tebal balas 46 cm, tebal subbalas 20 cm, panjang efektif emplasemen 283 m, dan wesel tipe 10. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Ir. Akhmad Hasanuddin, S.T.,M.T. Dosen Pembimbing Anggota : Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
| dc.subject | STRUKTUR JALAN REL | en_US |
| dc.subject | PERENCANAAN GEOMETRIK | en_US |
| dc.subject | KERETA API LINTAS MLILIR - PONOROGO | en_US |
| dc.title | Perencanaan Geometrik dan Struktur Jalan Rel pada Reaktivasi Jalur Kereta Api Lintas Mlilir – Ponorogo | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| ILHAM EKO PRASETYO - 171910301064.pdf Restricted Access | 6.03 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools