Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108823
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAMADHON, Trianto Rahmad-
dc.date.accessioned2022-08-15T06:36:55Z-
dc.date.available2022-08-15T06:36:55Z-
dc.date.issued2022-06-22-
dc.identifier.nim161410102048en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108823-
dc.description.abstractKonsep bank sampah sendiri pada dasarnya adalah sistem pengelolahan sampah secara kolektif berprinsip daur ulang untuk dijadikan produk yang memiliki nilai jual secara ekonomis maupun dapat dijadikan barang yang dapat dijual kembali. Teknis dari pengelolahan bank sampah, memiliki permasalahan pada masih kurangnya minat tarik dari masyarakat, permasalahan yang lainnya adalah kurangnya usaha dari nasabah dalam pemilahan jenis sampah maka diperlukannya inovasi dan pemikat daya tarik dari suatu metode. Pengembangan sistem aplikasi bank sampah sebagai media transaksi pengumpulan sampah menjadi sebuah solusi untuk mengatasi sebuah keterbatasan masalah pada cara transaksi bank sampah. Dengan pemanfaatan metode gamifikasi sebagai sebuah langkah yang dapat menstimulasikan lingkungan yang dapat memacu minat tarik nasabah yang berbentuk pengalaman baru dalam proses transaksi. Model pengembangan sistem aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Sistem ini dikembangkan dengan berbasis android mobile, menggunakan framework flutter, dan menggunakan database yaitu firebase. Pada hasil evaluasi blackbox sistem aplikasi bank sampah yang dikembangkan terbukti sangat layak sebagai media transaksi pengelolahan bank sampah, dan untuk hasil respon analisa kelayakan pengguna aplikasi ini sangat menarik sebagai media transaksi pengelolahan bank sampah berbasis mobile, baik bagi kelayakan pengguna, dan memotivasi minat bagi nasabah.en_US
dc.description.sponsorshipAchmad Maududie. ST, M. Sc dan Priza Pandunata, S. Kom., M. Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectAplikasi bank sampahen_US
dc.subjectSistem pengelolaan bank sampahen_US
dc.subjectMetode gamifikasien_US
dc.subjectWaterfallen_US
dc.titleSistem Transaksi Bank Sampah Berbasis Aplikasi Mobile Menggunakan Metode Gamifikasi Appreciative Inquiryen_US
dc.title.alternativeMobile Application-Based Waste Bank Transaction System Using Appreciative Inquiry Gamification Methoden_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknologi Informasien_US
dc.identifier.nidn19700422199512101en_US
dc.identifier.pembimbing1Achmad Maududie, ST, M. Scen_US
dc.identifier.pembimbing2Priza Pandunata, S.Kom,.M.Scen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sistem Transaksi Bank Sampah Menggunakan Metode Berbasis Aplikasi Android Mobile Fix.docx
  Until 2027-08-15
Dokumen Skripsi5.69 MBMicrosoft WordView/Open Request a copy
Jurnal Trian.pdfJurnal Skripsi110.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools