Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108745
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorQOMARIYAH, Dinda Nurul-
dc.date.accessioned2022-08-10T02:32:24Z-
dc.date.available2022-08-10T02:32:24Z-
dc.date.issued2022-05-12-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108745-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 10 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan pemecahan masalah adalah salah satu aspek penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Kenyataan dalam dunia pendidikan sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, bahkan dalam soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah, kebanyakan siswa masih kebingungan bagaimana langkah-langkah pengerjaan. Terdapat beberapa langkah-langkah pemecahan masalah matematis menurut Polya (dalam Palasari dan Anggo, 2019) diantaranya yaitu: (1) memahami soal atau masalah; (2) membuat rencana atau cara untuk menyelesaikan; (3) melaksanakan rencana; (4) memeriksa kembali hasil yang didapat dan langkah-langkah pengerjaannya. Terkait aspek kemampuan pemecahan masalah dalam matematika, seorang siswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir yang lebih tinggi yaitu kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangatlah penting, namun pada kenyataan di lapangan belum sesuai dengan yang diharapkan. Harapan dalam penelitian ini adalah mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap indikator, kemudian mengaitkannya dengan kemampuan pemecahan masalah pada setiap tingkatan Polya, sehingga peneliti membutuhkan subjek yang beragam. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian analisis kemampuan pemecahan masalah materi segiempat ditinjau dari bepikir kritis kelas VIII SMPN 1 Jember”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat ditinjau dari berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jember. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 siswa berada pada indikator menginterpretasi, 2 siswa berada pada indikator menganalisis, 2 siswa berada pada indikator mengevaluasi, dan 2 siswa berada pada indikator menginferensi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain tes kemampuan pemecahan masalah beserta kunci jawaban, tes kemampuan berpikir kritis beserta kunci jawaban, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Hasil tes kemampuan berpikir kritis pada penelitian ini, diperoleh siswa pada indikator menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi secara berturut-turut yaitu 15, 9, 3 dan 5. Kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Setelah itu, diberikan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan langkahlangkah pada Polya, lalu diwawancarai. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa pada indikator 0 (menginterpretasi) tidak memenuhi semua indikator pada berpikir kritis. Siswa pada indikator ini memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria kurang sekali. Siswa pada indikator 1 (menganalisis) hanya memenuhi 1 sampai 2 indikator pada berpikir kritis. Siswa pada indikator ini bahkan mulai mampu melaksanakan rencana walapun menggunakan strategi yang kurang tepat. Siswa pada indikator ini memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria kurang. Siswa pada indikator 2 (mengevaluasi) memenuhi 3 indikator pada berpikir kritis. Siswa pada indikator ini memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria cukup. Siswa pada indikator 3 (menginferensi) memenuhi 4 indikator berpikir kritis. Siswa pada indikator ini cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria baik sekali.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dra. Titik Sugiarti, M.Pd Dosen Pembimbing anggota : Dr. Abi Suwito, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectPEMECAHAN MASALAHen_US
dc.subjectPENDIDIKAN MATEMATIKAen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Ditinjau dari Bepikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jemberen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Dinda Nurul Qomariyah (180210101045) fiks (3).pdf
  Restricted Access
8.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
Skripsi Dinda Nurul Qomariyah (180210101045) fiks (3).pdf
  Restricted Access
8.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools