Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108681
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Authors: AKMALIA, Zidatul
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
BERPIKIR KRITIS
SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM)
Issue Date: 19-Apr-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: IPA merupakan gabungan teori mengenai pengetahuan, konsep, prinsip, dan tumbuhnya sikap ilmiah melalui proses penemuan dalm kehidupan sehari-hari secara sistematis. Pembelajaran IPA memiliki tujuan dalam membangun keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep serta kecakapan ilmiah. Keberhasilan pembelajaran IPA dipengaruhi oleh proses pembelajaran meliputi model pembelajaran yang diterapkan, kreatifitas yang dimiliki guru, dan pengetahuan yang mendalam tentang materi. Kurangnya penekanan reasoning pada materi dapat mengakibatkan rendahnya keterampilan berpikir kritis. Permasalahan tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran cenderung bersifat teacher centered, dimana seluruh informasi materi IPA hanya bersumber dari guru saja. Perlu diterapkan model pembelajaran yang terfokus pada siswa, yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran pada kurikulum 2013 melibatkan guru untuk menfokuskan siswa agar memiliki kemampuan dalam mengelola masalah di kehidupan sehari-hari sehingga dapat mendukung dan mengarahkan siswa dalam komunikasi, berpikir kritis, kolaboratif dan kreatif dengan menerapkan salah satu pendekatan untuk mendukung beberapa hal tersebut yaitu menggunakan STEM. Keempat aspek pendekatan STEM adalah kesatuan yang sinkron antara masalah dunia nyata dan PBL, sehingga kedua hal ini dapat dikolaborasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model PBL berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent (pretest-posttest) control group. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VII, dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model PBL berbasis STEM. Teknik dan instrumen pengambilan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah dengan menggunakan analisis rata-rata dan uji independent sample t-test erbantu SPSS. Data hasil indikator keterampilan berpikir kritis siswa diukur dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang mengacu pada indikator menurut Facion, yaitu (1) Interpretasi, dengan persetase 87% yaitu siswa mampu menjelaskan kembali masalah tentang situasi, pengalaman, dan sebagainya, (2) Analisis, dengan persentase 61% yaitu siswa belum mampu menganalisis persepsi, fakta dari suatu pernyataan ataupun masalah, (3) inferensi, dengan persentase 72% dimana siswa mampu dalam mengidentifikasi dan memperoleh bagian-bagian yang diperlukan dalam mengambil kesimpulan yang logis, (4) evaluasi dengan persentase 74% yang menunjukkan siswa dalam menilai sebuah pernyataan dengan tepat dan mampu untuk menentukan hasil pertimbangan, (5) eksplanasi dengan persentase skor 75% yang artinya siswa mampu dalam menyatakan hasil pemikirannya berdasarkan bukti dan konsep, dan (6) regulasi diri dengan persentase skor 77%, dimana siswa dapat menuliskan kesesuaian antara fakta dan teori mengenai permasalahan yang diberikan. Nilai pretest di kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing diperoleh nilai rata-rata sebesar 45,21 dan 43,96 yang menunjukkan kemampuan awal siswa sama,sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 59,78 dan 71,46 yang menunjukkan adanya peningkatan. Maka dapat kesimpulan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Agustus 2022_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108681
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ZIDATUL AKMALIA_18021010012_PENDIDIKAN IPA.pdf
  Restricted Access
5.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools