Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108483
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | LUEDO, Matofee | - |
dc.date.accessioned | 2022-07-18T02:33:33Z | - |
dc.date.available | 2022-07-18T02:33:33Z | - |
dc.date.issued | 2020-10-27 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108483 | - |
dc.description | Validasi unggah file repositori_Iswahyudi Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2022_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting yang dapat menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara. Melalui pendidikan setiap individu dapat mengembangkan pengalaman, menemukan ide-ide serta mengoptimalakan potensi yang mereka miliki. Pada pelaksanaan pendidikan di setiap sekolah berbagai ilmu yang di pelajari diantaranya ialah ilmu alam, ilmu sosial, teknologi, agama, dan sebagainya. Salah satu ilmu alam yang wajib dipelajari siswa adalah pelajaran fisika. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena-fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Fisika memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu ilmu fisika merupakan ilmu yang sangat penting di pelajari dan dikembangkan. Dalam ilmu fisika sebuah grafik tidak dapat dipisahkan sebab grafik dapat memuat berbagai informasi yang dapat ditemukan oleh pembacanya. Dengan membaca grafik diperoleh data-data yang sangat penting dengan cara yang mudah. Oleh karena itu kemampuan menafsirkan grafik merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk mempelajari ilmu fisika dengan mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan siswa Swasta dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak pokok bahasan GLB dan GLBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Tempat penelitian dilakukan di sekolah swasta di Thamavitya School, Seangtam Wittaya Foudation School, Azizstan Foundation School, dan Romania School. Jumlah responden penelitian kesuluruhan sebanyak 160 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes, dan teknik analisis data digunakan untuk mencari presentase tingkat kemampuan siswa dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak pokok bahasan GLB dan GLBB. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak sepuluh soal yang didapati dati jurnal internasional yaitu Yest of Understanding Graphs-Kinematics. Aspek-aspek soal tentang kinematika gerak pokok bahasan GLB dan GLBB adalah: 1) Memahami arti gradien pada grafik; 2) Menentukan nilai data dari range variabel; 3) Menentukan data variabel bebas dan variabel terikat pada grafik; 4) Menentukan hubungan antar variabel pada grafik. Aspek-aspek ini disesuaikan agar dapat menggambarkan kemampuan siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak. Hasil analisis kemampuan siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak adalah sebagai berikut rentang skor 86 – 100 dengan tingkat kategori sangat baik: pada aspek 1) 8 siswa, pada aspek 2) 43 siswa, pada aspek 3) 42 siswa, dan pada aspek 4) 17 siswa; rentang skor 76 – 85 dengan tingkat kategori baik: pada aspek 1) 3 siswa, pada aspek 2) 5 siswa, pada aspek 3) 5 siswa, dan pada aspek 4) 9 siswa; rentang skor 60 – 75 dengan tingkat kategori cukup: pada aspek 1) 31 siswa, pada aspek 2) 48 siswa, pada aspek 3) 17 siswa, dan pada aspek 4) 18 siswa; rentang skor 55 – 59 dengan tingkatan kategori kurang: pada aspek 1) 2 siswa, pada aspek 2) 16 siswa, pada aspek 3) 1 siswa, dan pada aspek 4) 15 siswa; dan pada rentang skor ≤54% dengan tingkat kategori kurang sekali: pada aspek 1) 116 siswa, pada aspek 2) 48 siswa, pada aspek 3) 95 siswa, dan pada aspek 4) 101 siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kemampuan siswa dalam mengartikan gradien pada grafik kurang sekali; 2) kemampuan siswa dalam menentukan data dari range variabel cukup; 3) kemampuan siswa dalam menentukan data variabel bebas dan variabel terikat pada grafik kurang; 4) kemampuan siswa dalam menentukan hubungan antar variabel pada grafik kurang sekali | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing: Dr. Supeno, S.Pd.,M.Si Dosen Pembimbing: Drs. Maryani, M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | Identifikasi | en_US |
dc.subject | Kemampuan | en_US |
dc.subject | Interpretasi Grafik | en_US |
dc.subject | Kinematika Gerak | en_US |
dc.title | Identifikasi Kemampuan Interpretasi Grafik pada Konsep Kinematika Gerak Siswa SMA di Thailand dalam Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MATOFEE LUEDO - 160210102116.pdf | 5.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools