Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108443
Title: Strategi Bersaing Akasia Coffee di Sumbersari Kabupaten Jember
Authors: MARTANIA, Tria
Keywords: Manajemen Strategi
Strategi Bisnis
Daya Saing
Issue Date: 27-Aug-2020
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Akasia Coffee merupakan salah satu usaha kafe yang berada di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Penjualan dan pemasaran Akasia Coffee dilakukan dengan membuka outlet. Pesaing Akasia Coffee ini tidak hanya di Kecamatan Sumbersari, melainkan pesaing seluruh Kabupaten Jember. terdapat strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk memenangkan pasar, yaitu keunggulan bersaing. Terdapat tiga aspek dalam strategi keunggulan bersaing terkait dengan kepemimpinan biaya, differensiasi, dan fokus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi bersaing kafe pada Akasia Coffee di Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan paradigma naturalistik dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Akasia Coffee yang bertempat di jalan Krajan Barat, Kecamatan Sumbersari atau di Jember Town Square Block C-1. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif dengan metode kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber, antara lain dari sumber sekunder dan sumber primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis domain dan taksonomi. Penggunaan metode analisis domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akasia Coffee menggunakan semua pendekatan strategi keunggulan bersaing dengan implementasinya meliputi: penggunaan efisiensi bahan baku dengan membeli langsung pada supplier yang menawarkan harga yang lebih murah dengan aspek kualitas bahan baku yang bagus; penerapan strategi harga yang mahal pada penjualan produk dengan mementingkan aspek pelayanan dan fasilitas, serta kualitas produk; memiliki berbagai varian produk dan lebih mengedepankan inovasi produk; memberikan fasilitas yang lengkap dengan tempat dan suasana yang nyaman; memberikan pelayanan dengan menerapkan kesemua pegawai untuk melayani konsumen dengan sepenuh hati dan menjamu konsumen secara homey, serta memberikan pelayanan melalui aplikasi go-food; menjaga kualitas produk agar terciptanya rasa yang enak dan konsisten; melakukan promosi produk dengan menggunakan metode online dan offline; dan memiliki pangsa pasar tertentu dengan persentase 60% mahasiswa dan 40% dari sales dan kantoran.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tanggal 15 Juli 2022
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108443
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tria Martania-160910202059.pdf
  Until 2027-05-17
6.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools