Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108379
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKRISTIAWAN, Dony-
dc.date.accessioned2022-07-13T02:58:23Z-
dc.date.available2022-07-13T02:58:23Z-
dc.date.issued2022-06-06-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108379-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 13 Juli 2022en_US
dc.description.abstractPerkembangan dunia perbankan di Indonesia mengalami tumbuh kembang dengan sangat pesat, tak terkecuali dengan BNI Kantor Cabang Banyuwangi yang merupakan salah satu Cabang dari PT BNI (Persero) Tbk. Agar tetap bertahan, maka harus berani menghadapi perubahan dan memenangkan persaingan. Sumber daya manusia menjadi kunci agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Dari segi kinerja DPK, masih terdapat kekurangan dan masih jauh dari target yang ditetapkan oleh manajemen. Hal ini tercermin dari nilai DPK pada Bulan Mei Tahun 2021 yang mengalami penurunan Sebesar 9,9 Milyar terhadap nilai DPK pada 31 Desember 2020 yang mana hal ini disebabkan oleh turunnya kinerja karyawan PT. BNI Kantor Cabang Banyuwangi. Hal ini merupakan prestasi yang kurang baik mengingat tidak tercapainya target penilaian yang telah ditentukan oleh perusahaan. Untuk mewujudukan kinerja yang lebih baik diperlukan perbaikan lingkungan kerja, peningkatan kompetensi, serta kompensasi agar memenuhi target kinerja pegawai dan diharapkan akan berdampak pada tercapainya target kinerja cabang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja, kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai variabel intervening di BNI Kantor Cabang Banyuwangi. Riset gap pada penelitian terdahulu juga turut serta menjadi dasar dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai BNI Kantor Cabang Banyuwangi yaitu sebanyak 108 orang dengan status karyawan tetap dan bekerja lebih dari satu tahun. Sampel dalam penelitian ini terbagi dalam 5 (lima) kategori yaitu Kantor Cabang Utama Banyuwangi berjumlah 66 orang, Kantor Cabang Pembantu Genteng berjumlah 10 orang, Kantor Cabang Pembantu Rogojampi berjumlah 10 orang, Kantor Cabang Pembantu Muncar berjumlah 9 orang, Kantor Cabang Pembantu Banterang berjumlah 5 orang, Kantor Kas Jajag berjumlah 5 orang dan Kantor Kas Ketapang berjumlah 3 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan metode Sampel Jenuh/Metode Sensus, dimana dalam menentukan sampel dengan seluruh anggota populasinya dipilih menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Explanatory Research. Adapun alasan pemilihan metode ini adalah untuk menyesuaikan dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis hubungan atau pengaruh antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dapat menjawab rumusan masalah penelitian meliputi: 1)Lingkungan Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap OCB. Hal ini membuktikan bahwa Lingkungan Kerja yang baik akan meningkatkan OCB, 2) Kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap OCB. Hal ini membuktikan bahwa Kompetensi yang sesuai akan meningkatkan OCB, 3) Kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap OCB. Hal ini membuktikan bahwa Kompensasi yang sesuai akan meningkatkan OCB, 4) Lingkungan Kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini membuktikan bahwa Lingkungan Kerja yang baik akan meningkatkan Kinerja Karyawan, 5) Kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini membuktikan bahwa Kompetensi yang sesuai akan meningkatkan Kinerja Karyawan, 6) Kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini membuktikan bahwa Kompensasi yang sesuai akan meningkatkan Kinerja Karyawan, 7) OCB berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini membuktikan bahwa OCB yang baik akan meningkatkan Kinerja Karyawan, 8) Hasil pengujian jalur menunjukkan bahwa OCB terbukti memediasi pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan, 9) Hasil pengujian jalur menunjukkan bahwa OCB terbukti memediasi pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan, 10) Hasil pengujian jalur menunjukkan bahwa OCB terbukti memediasi pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawanen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr.Purnamie Titisari, S.E., M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Arnis Budi Susanto, S.E., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMagister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectLINGKUNGAN KERJAen_US
dc.subjectKOMPETENSIen_US
dc.subjectKOMPENSASIen_US
dc.subjectORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)en_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai Variabel Intervening di BNI Kantor Cabang Banyuwangien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:MT-Science of Economic

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository DONY KRISTIAWAN.pdf1.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.