Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107947
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRATIWI, Annisa Nurul-
dc.date.accessioned2022-06-28T02:15:58Z-
dc.date.available2022-06-28T02:15:58Z-
dc.date.issued2021-04-30-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107947-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model Thiagarajan atau biasa dikenal dengan Four D Model. Pemilihan model ini dikarenakan tahapan pengembangan perangkat lebih sistematis serta melibatkan beberapa penilaian para ahli sebelum dilakukan uji coba kepada siswa yang kemudian akan direvisi hingga dapat diuji cobakan. Terdapat empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, tes dan angket. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 2 Maret 2021. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu soal tes barisan dan deret aritmetika, lembar observasi dan angket respon siswa. Data yang telah diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data. Dalam penelitian ini, terdapat analisis validitas instrumen, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil analisis validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP, video pembelajaran dan LKS berturut-turut diperoleh Va 3,8; 3,75; 3,75 dan dinyatakan valid. Instrumen lain seperti pedoman wawancara, soal tes, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa dinyatakan valid dengan nilai berturut 3,67; 3,75; 3,94; 3,89 dan 3,78 . Hasil analisis data Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh SR sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan keterlaksanaan perangkat pembelajaran sangat baik dan dapat dikatakan perangkat pembelajaran praktis. Adapun hasil analisis data keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal, aktivitas siswa di kelas mendapatkan kriteria yang sangat aktif dengan 𝑃𝑠 sebesar 100% dan respon siswa positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi peneliti selanjutnya diharapkan adanya pengembangan penelitian lanjutan. Penelitian ini hanya melihat proses pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian selanjutnya dianjurkan pengembangan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari self efficacy dan penguasaan konsep siswaen_US
dc.description.sponsorshipDr.Didik Sugeng Pambudi, M.S ; Dosen Pembimbing Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.subjectBlended Learningen_US
dc.subjectFlipped Classroomen_US
dc.subjectCOVID-19en_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom Untuk Siswa Kelas VIII Smp Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika di Masa Pandemi COVID-19en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANNISA NURUL PRATIWI - 170210101021.pdf
  Until 2027-05-17
4.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools