Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107896
Title: Sistem Peramalan Perkembangan Belajar Siswa Secara Daring dengan Metode Fuzzy Time Series
Authors: IHSAN, Muhammad Imaduddin
Keywords: PERKEMBANGAN BELAJAR
DARING
FUZZY TIME SERIES
Issue Date: 3-Jan-2022
Publisher: Fakultas Ilmu Komputer
Abstract: Pendidikan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas kepribadian dalam aspek intelektualitas maupun moralitas. Pandemi covid-19 berpengaruh terhadap segala aktivitas manusia, salah satunya di bidang pendidikan. Dengan adanya stigma yang beredar, sistem pembelajaram yang mulanya dilakukan secara tatap muka berganti menjadi pembelajaran dari rumah. Keunggulan dalam pembelajaran daring dapat dikatakan cukup banyak, akan tetapi tidak bisa terlepas dari suatu kendala terutama untuk beberapa daerah tertentu, karena kesulitan dalam menjangkau jaringan. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring, adalah banyak perubahan yang tejadi secara signifikan terutama kendala pemahaman siswa terhadap materi dan juga siswa harus menguasai semua mata pelajaran yang ada disekolah sesuai dengan jurusan. Berdasarkan kondisi tersebut, peramalan bisa dijadikan alat yang efektif dalam membantu memprediksi perkembangan belajar siswa daring pada bulan atau periode mendatang. Dalam penelitian ini, sistem peramalan yang akan dirancang memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi hasilnya. Dalam penelitian ini, metode Fuzzy Time Series merupakan metode yang tepat, karena tidak membutuhkan asumsi-asumsi sebagaimana peramalan dengan menggunakan metode peramalan klasik. Dari hasil analisa sistem yang dibangun, sistem peramalan perkembangan belajar siswa menggunakan metode Fuzzy Time Series dapat bekerja dengan baik, yaitu dengan menampilkan nilai aktual dan hasil metode Fuzzy Time Series (menentukan interval, fuzzifikasi, FLR, FLRG dan defuzzifikasi), pada saat melakukan peramalan menggunakan data siswa SMKN 3 Boyolangu Tulungagung kelas X jurusan TPM dengan sampel 55 siswa, didapatkan tingkatan MAPE sebesar 0,404%, dan sistem dinyatakan akurat dalam melakukan peramalan karena memiliki tingkat kesalahan kurang dari 1%.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107896
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
172410101054.pdf
  Until 2027-04-25
4.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools