Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107808
Title: | Evaluasi Penerapan E-Government Menggunakan Metode Pemeringkatan E-Government Indonesia (Pegi) (Studi Kasus : Dinas Kominfo Kabupaten Jember) |
Authors: | CANDRA, Adi |
Keywords: | Penerapan E-Government Pemeringkatan E-Government Pegi |
Issue Date: | 22-Dec-2021 |
Publisher: | Fakultas Ilmu Komputer |
Abstract: | Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Nilai indeks yang dihasilkan dari asesmen rata-rata penjumlahan dari kelima nilai dimensi PeGI didapatkan nilai 3,1228571429. Berdasarkan pedoman penilaian PeGI pada Tabel 5.4.1 Kategori indeks ketercapaian PeGI, nilai yang didapat dari asesmen pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember berada di tingkat ketiga, yaitu pada rentang nilai 2,5 – 3,49 yang menunjukkan kualitas penerapan e-Government di Kabupaten Jember tergolong ke dalam kategori BAIK. 2. Berdasarkan hasil pengukuran evaluasi, beberapa hal yang harus ditingkatkan lagi untuk mencapai nilai maksimal pada evaluasi PeGI, yaitu : a. Pada dimensi kebijakan, atribut-atribut telah mendapatkan bobot nilai 3 dan 4 sehingga dalam dimensi kebijakan telah memiliki dampak positif dalam perkembangan e-Goverment. b. Pada dimensi kelembagaan, atribut Ketersediaan SDM dengan jumlah dan tingkat kompetensi yang sesuai mendapatkan bobot nilai 2 yang berarti dinas KOMINFO Kabupaten Jember belum memiliki jumlah SDM dan tingkat kompetensi yang dibutuhkan sehingga diperlukan penambahan jumlah SDM dengan tingkat kompetensi yang dibutuhkan dan juga diperlukan proses pelatihan SDM yang merata. Atribut lainnya telah memiliki dampak positif dalam perkembangan e-Government |
URI: | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107808 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Computer Science |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
142410101060.pdf Until 2027-04-15 | 3.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools