Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107577
Title: Pengaruh Pendekatan STEM dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah
Authors: ZULFATURROHIMA, Mila
Keywords: INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI
KETERAMPILAN METAKOGNITIF
HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 1-Jul-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam proses kehidupan adalah pendidikan. Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar. Upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar siswa bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar yang didapatkan dengan cara menerapkan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri menerapkan pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk melakukan penyelidikan ilmiah secara mandiri (Science) dan merancang teknologi baru sebagai bentuk inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa madrasah aliyah. Keterampilan metakognitif diukur melalui nilai pre-test dan post-test yang dikerjakan siswa sebelum penerapan dan sesudah penerapan. Sedangkan hasil belajar siswa yang diukur dibagi menjadi ranah kognitif dan psikomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan dua kelas sebagai perlakuan. Pada kelas eksperimen menggunakan Science, Technology, Engineering and Mathematics dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan Saintific dengan model pembelajaran STAD. Uji yang dilakukan terdiri dari uji independent Sampel t-test untuk mengetahui perbedaan rerata kedua kelas serta uji analisis kovarian (ANAKOVA) untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Hasil rerata keterampilan metakognitif siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 80.28 (± 10.81) sedangkan kelas kontrol sebesar 71.54 (± 8.94). Pada uji analisis kovarian didapatkan hasil signifikan sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan hasil secara signifikan. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan metakognitif siswa. Data hasil penelitian yang diperoleh pada hasil belajar siswa meliputi ranah kognitif dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif menunjukkan bahwa rerata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 54,58 dan nilai post-test sebesar 70,91 sedangkan rerata nilai pre-test kelas kontrol sebesar 39,64 dan nilai post-test sebesar 54,71 dan selisih rerata kelas eksperimen sebesar 16,32 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 15,07. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang artinya pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap hasil belajar siswa berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikan 0,000. Hasil belajar ranah psikomotor siswa memiliki rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 80.95 dan nilai psikomotor pada kelas kontrol sebesar 76.98. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar ranah psikomotor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga terdapat perbedaan secara nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang artinya pendekatan STEM dengan model pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap hasil belajar ranah psikomotor.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107577
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mila Zulfaturrohima - 150210103026.pdf
  Until 2027-06-08
5.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools