Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107318
Title: Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif pada Remaja Pengguna Smartphone selama Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 3 Situbondo
Authors: BARARAH, Minnatul Bariyah Qomariyatul
Keywords: Kecanduan Game Online
Perilaku Remaja
Perilaku Agresif
Keperawatan Remaja
Issue Date: Aug-2020
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: Pada masa pubertas masalah perilaku sering terjadi dan berdampak pada emosional remaja yang akan lebih sensitif dan reaktif menjadi perilaku agresif. Keberadaan game online menjadi salah satu penyebab perilaku agresif yang dapat melekat pada sikap remaja di usia dewasa. Selain itu, persentase game online meningkat seiring dengan ditetapkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) telah meningkatkan konsumsi hiburan digital, khususnya Game Online sedangkan Game Online menyebabkan candu yang berdampak pada rusaknya kontrol diri remaja hingga titik agresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku agresif pada remaja pengguna Smartphone selama Masa Pandemi COVID-19 di SMPN 3 Kabupaten Situbondo. Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan jumlah sampel 239 siswa dari 454 populasi di SMP Negeri 3 Situbondo dengan menggunakan metode proporsional stratified random sampling dengan kriteria inklusi Remaja kelas VIII-IX SMPN 3 Situbondo, responden memiliki Smartphone, dan bersedia Menjadi Responden Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kecanduan game online (α = 0, 73) dengan 7 soal dan 30 soal instrumen perilaku agresif (α = 0,909). Penelitian ini telah lulus uji etika di Fakultas Keperawatan Universitas Jember dengan nomor 3558 / UN25.1.14 / SP / 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja di SMP negeri 3 Situbondo memiliki waktu >2 Jam-3 Jam/ Hari dalam 2-3 hari perminggu dalam bermain game online menggunakan smartphone. Hal ini menunjukkan bahwa masa pandemi COVID 19 memberi peluang bagi remaja untuk lebih mengakses permainan online. Seringnya bermain game online kekerasan mengacu pada kecanduan dan berakhir memiliki perilku agresif. Dibuktikan oleh hasil penelitian bahwa remaja di SMP Negeri 3 Situbondo selama pandemi COVID 19 mengalami kecanduan game online ringan sebanyak 195 (81, 6%), sedangkan remaja di SMP Negeri 3 Situbondo rata-rata memiliki perilaku agresif sedang 133(55,6%) dan menunjukkan bahwa kecanduan game online berhubungan dengan Perilaku agresif pada remaja pengguna smartphone selama pandemi covid 19 di SMP Negeri 3 Situbondo, diketahui nilai signifikansi atau sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya ada hubungan signifikan antara kecanduan game online dengan perilaku agresif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif pada Remaja Pengguna Smartphone Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 3 Situbondo. Hal ini menunjukkan bahwa remaja memiliki ketertarikan pada game online yang berujung pada dampak perilaku agresif. Namun dalam meminalisir perilaku agresif, keluarga, pihak sekolah dan orang-orang sekitar perlu memberikan motivasi yang positif, membatasi waktu bermain, dan membuat jadwal kegiatan remaja selama masa pandemic COVID 19
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107318
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Minnatul Bariyah Qomariyatul Bararah-162310101230.pdf
  Until 2027-04-22
3.15 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools