Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107232
Title: Penggunaan Buku Digital Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS 3 SMAN Pakusari Jember: Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Perusahaan Dagang Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020
Authors: DIARTA, Fergi
Keywords: Buku Digital
Motivasi Belajar
Hasil Belajar
Pendidikan Ekonomi
Issue Date: 12-Oct-2020
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Motivasi belajar merupakan dorongan bagi siswa yang sangat mempengaruhi proses serta hasil belajarnya. Salah satu faktor yang mendorong siswa untuk aktif dalam belajar ialah motivasi belajar pada diri siswa. Jika siswa memiliki motivasi tinggi, maka siswa tersebut nantinya akan dapat meraih tujuan yang ingin dicapai, dan begitu pula sebaliknya. Sehingga untuk meraih hasil belajar yang maksimal, tentunya harus ada faktor pendorong agar siswa mempunyai semangat dalam belajar. Perkembangan dunia teknologi dapat memberikan kemudahan dan inovasi bagi guru untuk proses pembelajaran. Guru dan siswa dapat memanfaatkan berbagai macam bentuk teknologi untuk dapat menunjang kegiatan belajar, salah satunya ialah menggunakan teknologi buku digital yang dapat diakses melalui telepon pintar (smartphone). Kehadiran buku digital mempermudah siswa untuk menelaah materi pembelajaran yang masih kurang dimengerti kapanpun dan di manapun siswa berada. Pada dasarnya buku digital merupakan elektronik dalam versi teks yang dapat dibaca pada smartphone, layar desktop atau laptop, PDA (Personal Digital Assistant) dan perangkat portabel lainnya. Buku digital dapat digunakan dalam berbagai format file dan dapat ditambahkan dengan fitur lain, seperti hyperlink. Selain itu, buku digital juga dapat mencakup komentar yang berguna bagi guru ataupun siswa untuk menambahkan catatan tambahan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan buku digital untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 SMAN Pakusari Jember (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian pada perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2019/2020). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, di mana hasil pelaksanaan tindakan akan dipaparkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata indikator motivasi belajar siswa dalam kategori sedang. Pada siklus I indikator motivasi belajar siswa skor rata-rata pertemuan I mencapai 3,3 dan skor rata-rata pada pertemuan II mencapai 3,4 sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 3,4 pada kategori sedang. Setelah melaksanakan siklus I dengan hasil yang kurang maksimal, maka peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II untuk memantapkan hasil penelitian. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam indikator motivasi belajar siswa yakni sebesar 1,1. Pada siklus II menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan menggunakan buku digital mencapai rata-rata 3,3 pada kategori tinggi. Sehingga nilai akhir yang didapat dari hasil tes pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang dengan menggunakan buku digital mencapai skor rata-rata 88,0 dan ketuntasan klasikal mencapai 96,8%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku digital dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 SMAN Pakusari Jember pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian pada perusahaan dagang tahun ajaran 2019/2020. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata motivasi belajar sebelum tindakan sebesar 1,8 pada kategori rendah, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 2,6 menjadi 3,4 pada kategori sedang. Setelah dilakukan perencanaan dan perbaikan pembelajaran, pada siklus II rata-rata skor motivasi belajar menjadi sebesar 4,5 pada kategori sangat tinggi.
Description: Validasi unggah file repositori_Ighfirlina Yaumil Akhda Finalisasi unggah file repositori tanggal 23 Juni 2022_Kurnadi
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107232
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FERGI DIARTA - 150210301017.pdf
  Until 2027-11-04
2.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools