Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107182
Title: Pengembangan Kreativitas dan Produktivitas Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pembuatan Handycraft dari Limbah Pertanian
Authors: LATIFA, Binti Choirul
HANDOKO, Adelia
Keywords: Covid-19
handycraft
limbah pertanian
Issue Date: Apr-2022
Publisher: GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Abstract: Sistem pembelajaran secara daring menimbulkan beberapa permasalahan pada siswa maupun orang tua, seperti siswa yang kurang bisa mengikuti materi secara efektif, mudah bosan dan kurang fokus dalam belajar, serta kurangnya produktivitas siswa selama di rumah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan program pengabdian dalam rangka mengembangkan kegiatan pembelajaran lain sebagai alternatif dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas siswa dimasa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu sosialisasi jenis limbah dan pentingnya pengelolaan limbah, pendampingan pembelajaran dan persiapan pembuatan handycraft, pembuatan handycraft dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Sasaran dari kegiatan ini ditujukan untuk siswa SD di RT.003 RW.001 Ds. Kauman, Kec. Kauman, Kab. Tulungagung. Instrumen penilaian keberhasilan program pengabdian yaitu penilaian hasil posttest pembelajaran melalui soal yang diberikan, penilaian dari beberapa aspek dalam keberhasilan pembuatan handycraft melalui pemberian skor, dan penilaian berdasarkan hasil survei pelaksanaan kegiatan melalui Google Form yang diberikan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian selama 30 hari yaitu siswa memahami materi mengenai limbah, dampak limbah, cara pengelolaan limbah, dan mampu melakukan praktik secara langsung pengelolaan limbah yaitu dengan pembuatan handycraft yang juga dapat meningkatkan kemampuan intelektual anak.
Gov't Doc #: Kodeprodi#1510501#Agroteknologi
Kodeprodi#2010101#pendidikandokter
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107182
Appears in Collections:LSP-Popular Article



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.