Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107142
Title: Hukum Perlindungan Konsumen
Authors: ZULAIKA, Emi
WARDHANA, Rhama Wisnu
WAHJUNI, Edi
Keywords: Hukum Perlindungan Konsumen
Issue Date: 4-Mar-2022
Publisher: Mahameru Press
Abstract: Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) menyebutkan bila tujuan pembangunan nasional adalah memanifestasikan kelompok masyarakat yang berkeadilan serta sejahtera secara menyeluruh berlandaskan Pancasila dan UndangUndang Dasar 1945. Pada era globalisasi, pengejawantahan dari pembangunan ekonomi nasional haruslah mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan sektor riil seperti memproduksi barang dan/atau jasa tanpa merugikan konsumen. Selain itu, pembangunan ekonomi nasional tetap berkewajiban untuk menjamin peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat. Masyarakat selaku konsumen juga berkewajiban untuk lebih memperhatikan tingkat kehati-hatian, kepedulian dan pengetahuan terhadap berbagai barang hingga layanan yang didapatkannya. Oleh karena itu, diperlukan perangkat berupa regulasi untuk mewujudkan keserasian perlindungan antara kepentingan konsumen dan pelaku usaha sehingga dapat tercipta perdagangan yang sehat. Atas dasar itulah, para pemangku kepentingan merasa perlu untuk membentuk undang-undang yang berfokus mengatasi berbagai persoalan mengenai perlindungan konsumen.
Gov't Doc #: Kodeprodi#0710101#IlmuHukum
NIDN#0029038204
NIDN#0030126807
NIDN#0002037703
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107142
Appears in Collections:LSP-Books

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HUKUM_BUKU_Hukum Perlindungan Konsumen-Split.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.