Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107026
Title: Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pecahan Siswa Kelas V SDN 1 Giri Kabupaten Banyuwangi
Authors: A’YUNI, Novita Qurrota
Keywords: Operasi Hitung Pecahan
Kesulitan Siswa
Kabupaten Banyuwangi
Issue Date: 21-Mar-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Mempelajari matematika tidak terlepas dengan bilangan. Salah satu bagian dari klasifikasi bilangan adalah bilangan pecahan. Operasi hitung pada bilangan pecahan membutuhkan pemahaman konsep yang lebih mendalam dibandingkan dengan operasi hitung bilangan lainnya. Salah satu operasi hitung bilangan pecahan yaitu penjumlahan. Kesulitan pada materi penjumlahan pecahan dapat dilihat dari kesalahan yang dilakukan siswa biasanya proses menjumlahkan yang tidak mengikuti konsep penjumlahan pecahan, seperti menjumlahkan antara pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Apabila penyebutnya masih berbeda, maka harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu agar dapat menyelesaikan penjumlahan pecahan. Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal penjumlahan bilangan pecahan, terlihat dari hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan yang masih rendah. Guru harus memahami kesulitan siswa dalam menerima materi khususnya dalam hal ini yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi penjumlahan bilangan pecahan pada kelas V. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya berbagai kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan biasa. Kesulitan yang dialami siswa memungkinkan terjadinya kesalahan ketika siswa menjawab soal. Kesalahan tersebut perlu diidentifikasi dan dicari faktor yang dapat menyebakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menelaah kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan di kelas V SDN 1 Giri Banyuwangi. (2) Menelaah penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan di kelas V SDN 1 Giri Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 1 Giri Banyuwangi dengan jumlah 28 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes dengan banyaknya soal adalah 5 butir. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan angket. Hasil wawancara dan angket dianalisis guna mengetahui penyebab siswa tersebut melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan dapat dikategorikan kesulitan berhitung terdapat 1 siswa, kategori kesulitan menyamakan penyebut terdapat 7 siswa, dan kategori kesulitan memahami materi penjumlahan pecahan terdapat 2 siswa. Penyebab siswa yang mengalami kesulitan disebabkan oleh faktor siswa dan guru. Faktor yang disebabkan oleh siswa, ketika terdapat kesulitan tidak bertanya kepada guru dan ketika guru sedang menjelaskan materi yang sedang disampaikan siswa tidak memperhatikan. Faktor yang disebabkan oleh guru, tidak menggunakan media dan variasi mengajar guru yang terlihat monoton.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 6 Juni 2022_Kurnadi
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107026
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir_Novita Qurrota A'yuni_180210204047.pdf
  Until 2027-04-22
5.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools