Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106814
Title: Kemampuan Inkuiri dan Hasil Belajar Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Memanfaatkan Media E-LKPD
Authors: ADIKALAN, Thoriq Hasan
Keywords: Pembelajaran IPA
Media E-LKPD
Kemampuan Inkuiri
Issue Date: 5-Jun-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran IPA bukan hanya mengajarkan tentang kumpulan pengetahuan, namun juga tentang bagaimana pengetahuan itu ditemukan. Namun kemampuan sains siswa Indonesia berada pada level 1 a. Untuk meningkatkan kemampuan sains siswa menuju level selanjutnya, siswa harus mampu mengidentifikasi penjelasan ilmiah, menginterpretasi data, mengidentifikasi kesimpulan dari sebuah data sederhana, mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki. Sedangkan level selanjutnya berhubungan dengan indikator pada kemampuan inkuiri yaitu mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan. Sehingga perlu adanya usaha untuk meningkatkan kemampuan inkuiri siswa. Praktik penilaian konvensional menggunakan hasil belajar dari butir soal pilihan ganda lebih sering digunakan daripada menggunakan kemampuan inkuiri sebagai tolak ukur keberhasilan siswa. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan inkuiri siswa agar kemampuan sains siswa Indonesia meningkat menuju level 2. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskrisikan kemampuan inkuri siswa SMP selama pembelajaran IPA memanfaatkan media E-LKPD, dan (2) mengetahui pengaruh pemanfaatan media E-LKPD terhadap belajar siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bondowoso pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 secara daring dengan menggunakan E-LKPD pada kelas eksperimen dan LKPD konvensional pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis penelitian untuk menjawab rumusan masalah pertama menggunakan teknik analisis uji N-Gain sedangkan untuk rumusan masalah kedua menggunakan uji Independent T-Test dengan bantuan program SPSS 19. Data yang diperoleh terjadi peningkatan rata-rata kemampuan inkuiri pada setiap indikatornya, peningkatan kemampuan inkuiri pada setiap pertemuan pembelajaran, serta peningkatan skor rata-rata kemampuan inkuiri setiap siswa. Skor rata-rata pertemuan kedua meningkat daripada pertemuan pertama, dan ratarata kemampuan inkuiri siswa pada pertemuan ketiga meningkat daripada pertemuan kedua. Setelah dilakukan uji N-Gain, diperoleh peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua pada interpretasi rendah sebesar 71,88%, sedang sebesar 21,88%, dan tinggi sebesar 6,25%. Sealnjutnya dari pertemuan kedua ke pertemuan ketiga dengan interpretasi rendah sebesar 53, 13%, sedang 31,25%, dan tinggi sebesar 15,63%. Maka diperoleh media E-LKPD dapat meningkatkan kemampuan inkuiri siswa. Selanjutnya untuk menguji hipotesis kedua diperoleh data yang telah berdistribusi normal, menggunakan uji Independent T-Test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,040 > 0,05, serta Sig. (1-tailed) 0,020 > 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka diperoleh pengaruh yang signifikan media E-LKPD terhadap hasil belajar. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa : (1) Rata-rata kemampuan inkuiri siswa SMP mengalami peningkatan selama pembelajaran IPA memanfaatkan media E-LKPD.; (2) Ada pengaruh pemanfaatan media E-LKPD terhadap hasil belajar siswa SMP dalam pembelajaran IPA
Description: Validasi unggah file repositori_Ratnasari Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 Mei 2022_Kurnadi
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106814
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
170210104001.pdf
  Until 2027-03-31
3.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools