Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106798
Title: | Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di SMP |
Authors: | YOLANDA, Silvia Bella |
Keywords: | Pembelajaran IPA Video Sparkol |
Issue Date: | 10-Jun-2021 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
Abstract: | Pembelajaran IPA saat ini siswa diharuskan memiliki keterampilan abad21 yang berfokus pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Pemecahan masalah tersebut mengarah pada kemampuan siswa dalam berpikir kreatif. Namun Fakta menunjukkan bahwa tingkat kreativitas siswa Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada soal dengan cara berpikir kreatif tergolong masih kurang optimal. Ada beberapa faktor yang mampu membangun kemampuan siswa dalam berpikir kreatif diantaranya metode ajar yang digunakan guru dan media pembelajaran yang digunakan. Namun dilihat dari sisi penggunaan media, fakta di sekolah menunjukkan masih ada pembelajaran yang berorientasi dengan media ajar yang kurang interaktif, pembelajaran yang masih berorientasi dengan media ajar kurang interaktif tersebut membuat kemampuan berpikir siswa kurang berkembang. Oleh karena itu diperlukan penggunaan media interaktif untuk dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan media interaktif berupa video sparkol untuk mengkonkretkan materi abstrak yang dapat membantu siswa untuk mengasah pemikirannya dalam berpikir. |
Description: | Validasi unggah file repositori_Rudi K Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Mei 2022_Kurnadi |
URI: | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106798 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
170210104048.pdf Until 2027-05-18 | 4.83 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools